Pemprov Kepri Pastikan Pembagian STB Gratis Tahap Pertama Tuntas

Batamclick.com: Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprov Kepri memastikan bakal menuntaskan pembagian set top box (STB) gratis tahap pertama bagi masyarakat kurang mampu di empat Kabupaten/Kota di Kepri.

“Kita harus tuntaskan dulu tahap pertama dulu, ada 4 Kabupaten/Kota, yakni Batam, Tanjung Pinang, Bintan, dan Karimun. Kita tetap mengawasi,” terangnya, Hasan, Kepala Diskominfo Pemprov Kepri, Kamis (23/6/2022)

Sebutnya, Kepri dapat 31. 815 unit berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos. Hasan mengatakan, saat ini penyelenggara mux yakni lembaga penyiaran swasta (LPS) bersama-sama Pemprov Kepri telah mendistribusikan ribuan unit STB ke masyarakat Kepri.

BACA JUGA:   Peduli Covid-19 Di Daerah Operasi, Unsur Satrol Lantamal IV BKO Guskamla Koarmada I Beri Paket Sembako Kepada Nelayan

“Saat ini, masih didistribusikan oleh penyelenggara mux dari lembaga penyiaran swasta (LPS) melalui PT Pos. Kemarin, sudah dibagikan ke masyarakat Baloi sebanyak 534 unit,” sebut Hasan.

Sementara, untuk tiga kabupaten Kepri lainnya, yakni Lingga, Anambas, dan Natuna akan dibagikan pada Agustus mendatang. Pihaknya juga menyosialisasikan peralihan siaran digital kepada masyarakat setempat.

“Untuk masyarakat kurang mampu di Kabupaten Lingga, Kabupaten Anambas dan Kabupaten Natuna masuk ke dalam pembagian tahap ke II, Agustus nanti,” lanjutnya.

Hasan menambahkan, bahwa program migrasi TV analog ke TV digital merupakan program Kenminfo sesuai dengan perkembangan digital saat ini. Karena, Indonesia sudah ketinggalan dari negara tetangga Malaysia dan Singapura yang sudah menerapkan siaran digital.

BACA JUGA:   Rudy Tan Lantik Kepengurusan DPC APVA Kabupaten Kota Se Kepri

“Kita sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat baik itu ke media massa. Selama ini kan masih banyak yang menonton siaran analog yang berbayar. Tapi dengan STB ini masyarakat sudah bisa menikmati siaran yang banyak, gambarnya bagus dan suaranya jernih. Jadi banyak manfaatkan yang kita dapat dari siaran digital ini,” bebernya. (Bibi)