TMMD Kodim Batam Dibuka Langsung Gubernur Kepri

Batamclick.com, Batam – Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad menghadiri pembukaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 tahun 2021 di wilayah Kodim 0316/Batam, bertempat di Dataran Dendang Melayu, Jembatan I Barelang, Rabu (15/09/2021).

Kegiatan TMMD ini merupakan kegiatan bakti TNI yang dilaksanakan sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di daerah.

TMMD ke-112 secara langsung dibuka oleh Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad, SE., MM., didampingi Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, Dandim 0316 Letkol Kav Sigit Dharma beserta para tamu undangan lainnya.

Program TMMD ke 112 tahun anggaran 2021 dipertegas berdasarkan Surat Telegram Komandan Korem 033/Wira Pratama nomor: ST / 574 / 2021 tanggal 30 Agustus 2021.
Ini mengatur tentang perintah untuk merencanakan dan menyiapkan pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) TA. 2021.

Berdasarkan Surat Telegram Komandan Korem 033/Wira Pratama Nomor : ST / 574 / 2021 Tanggal 30 Agustus 2021 tentang perintah untuk merencanakan dan menyiapkan pelaksanaaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) TA. 2021.

BACA JUGA:   Polsek Batu Ampar Lakukan Tracing Dan Antigen Massal

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 dengan tema “TMMD WUJUD SINERGI MEMBANGUN NEGERI” yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0316/Batam tepatnya di Kampung Teluk Air, Kelurahan Setokok, Kecamatan Bulang.

Pembukaan TMMD ke – 112 diawali dengan upacara yang dipimpin oleh Gubernur Kepri Bapak Ansar Ahmad di Halaman Dendang Melayu, Tembesi, Kec. Sagulung, Kota Batam, Kepulauan Riau, yang diikuti sejumlah pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan pejabat struktural di instansi sipil.

Dandim 0316/Batam Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan selaku Dansatgas TMMD ke-112 tahun 2021 menjelaskan, kesiapan TMMD ke-112 yakni dasar pelaksanaan, waktu pelaksanaan, tempat sasaran, personil satgas dan logistik kegiatan TMMD di wilayah Pemerintah Kota Batam.

” Sasaran dalam TMMD kali ini meliputi pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 1.700 M X lebar 8 M, pemasangan gorong-gorong di 2 titik dengan ukuran D 0,80 M X 2 lajur X 10 M dan ukuran D 0,40 M X 1 kajur X 20 M, serta semenisasi jalan sepanjang 200 M X lebar 4,2 M,” terang Sigit.

BACA JUGA:   Sadis! Suami Paksa Istri Minum Air Kencing-Sundut Rokok ke Wajah

Lanjut Sigit, untuk sasaran non fisik akan dilaksanakan berupa penyuluhan kesehatan, pertanian, sosialisasi wawasan kebangsaan, Kamtibmas, pendidikan, penanganan penyebaran virus Covid-19, stunting.

” Posyandu, pos pembinaan terpadu, bahaya penyalahgunaan narkoba dan hukum disiplin lalu lintas serta pemberian bantuan sosial,” ungkap Sigit.

Ditempat yang sama, Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu melalui Pjs Kapenrem 033/WP Mayor Inf Reza Fahlevi menjelaskan, mengingat pentingnya program tersebut kepada warga yang berada di wilayah TMMD ke-112 senantiasa mendukung program TMMD ke-112 agar berjalan dengan lancar sehingga pembangunan dapat memberi manfaat serta menyejahterakan masyarakat di Kampung Teluk Air, Kelurahan Setokok, Kecamatan Bulang.

“Kami berharap masyarakat senantiasa mendukung kelancaran program TMMD ke-112 guna untuk mensejahterakan masyarakat serta membangun kampung agar lebih baik dari sebelumnya,” tutur Reza.

Sementara itu, Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad turut memaparkan, kegiatan TMMD merupakan bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Pemerintah Daerah beserta seluruh komponen masyarakat.

BACA JUGA:   TKW Asal Lampung Dianiaya di Malaysia, 2 Tahun Cuma Digaji 3 Kali

Hal ini sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di daerah serta merupakan perwujudan komitmen moral TNI dan pemerintah kepada rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat, khususnya di wilayah Pemerintah Kota Batam,” ujar Ansar.

Lanjut Ansar, sasaran non fisik, upaya untuk memfasilitasi dan edukasi kepada masyarakat dengan berbagai hal diantaranya tentang wawasan kebangsaan dan pelayanan kesehatan meliputi kegiatan penyuluhan penanganan penyebaran virus Covid-19, stunting, posyandu, poswindu, penyakit menular dan tidak menular.

“Hal Ini sangat penting dan strategis ditengah persoalan masyarakat sekarang sebagai daya tangkal dan cegah dini. Oleh karena itu, kepada seluruh personel satgas TMMD ke – 112 untuk selalu menjaga kerukunan dengan masyarakat, menjaga dan pelihara disiplin serta moril pada saat pelaksaan TMMD ke – 112 berlangsung. Kemudian, jaga faktor keamanan dan hindari pelanggaran sekecil apapun,” turur Ansar.