Program Baru Ramuan BTP, Bikin SDM Pariwisata tambah Berkualitas

Batamclick.com, Batam – Batam Tourism Polytechnic (BTP) salah satu kampus jurusan Wisata Perhotelan tersebut kembali meluncurkan program baru yaitu aplikasi manajeman Hotel dan Entrepreneurship.

Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilakukan oleh perwakilan dari Hotel Beverly Hotel, AsiaLink Easy by Prasanti, AsiaLink, OS Style Hotel, Aston Batam, Aston Inn Gideon Batam, Panbil Residence, Four Points Hotel, Kings Hotel, Ibis Style Batam, dan Amaris Hotel.

Direktur Batam Tourism Polytechnic, M. Nur A Nasution dan Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Kepulauan Riau (Kepri), Yeyen Heryawan, turut menyaksikannya secara langsung.

Dikatakan Nur, aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi mahasiswa didik kampus BTP.

” Agar SDM Batam khususnya anak didik dapat berkompetisi dikehidupan dan dunia luar,” ujar Nur saat Konferensi Pers, bertempat di Bintan Lounge, Lantai 2 Gedung Kampus BTP, Tiban, Batam, Rabu (13/10/2021).

BACA JUGA:   Duduk Bareng Jalin Keakraban Anggota Satgas TMMD Dan Warga

Lanjut Nur, selain Aplikasi Manajemen ada juga program Entrepreneur. Untuk program Aplikasi Manajemen kita bekerjasama dengan hotel yang ada di Batam. Sedangkan untuk program Entrepreneur kita menjalin kerja sama dengan beberapa pihak, di antaranya Al Ahmadi Entrepreneurship, Baba Rafi, dan ada juga dari pengusaha Malaysia.

” Dua program tersebut merupakan program baru di Kampus BTP. Akan dijalankan oleh mahasiswa selama dua bulan di semester tujuh, yakni sebelum mahasiswa menjalani praktek langsung di lapangan pada semester delapan,” ungkap Nur.

Mahasiswa bisa memilih program mana yang akan mereka jalani, Aplikasi Manajemen atau Entrepreneurship. Dalam Aplikasi Manajemen mereka selama dua bulan akan dididik oleh manajemen hotel yang telah bekerjasama dengan kita, langsung di hotelnya.

Jadi sebelum mereka UJT akhir, di semester delapan mereka sudah paham dengan manajemen hotel. Begitu juga dengan program Entrepreneur, mahasiswa akan mendapatkan pembekalan dari orang-orang yang ahli dalam bidang membuat dan menciptakan produk dan lapangan kerja.

BACA JUGA:   Kepala Kejari Batam Resmikan Musholah Al Mizan Tepat di Hari Bhakti Adhyaksa ke 62

“Pada akhir program mereka bisa menghasilkan produk yang bisa mereka jual nantinya,” kata Nur.

Nur berharap program tersebut dapat meningkatkan daya saing mahasiswa dan mahasiswi BTP di dunia global khususnya industri pariwisata.

Sementara Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Kepulauan Riau (Kepri), Yeyen Heryawan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan BTP menjalanin kerja sama dengan beberapa hotel di Batam melalui IHGMA. Dikatakannya, kerja sama tersebut bukan yang pertama kali mereka lakukan dengan BTP.

“Sebelumnya sudah ada juga kerja sama yang kita jalin. Program edukasi tersebut juga merupakan salah satu program di IHGMA Kepri. Tak hanya bagi mahasiswa tapi juga bagi pelajar SMK bahkan masyarakat umum yang bergerak dalam bidang pariwisata,” ungkap Yeyen yang juga GM Beverly Hotel.

BACA JUGA:   Pasti Pasta Sugukan Menu Western Dengan Cita Rasa Lokal

“Kita siap mendungkung dan berikan pengetahuan terbaik dari kita dan sistem-sistem yang nantinya bisa diserap oleh mahasiswa dan mahasiswi BTP yang akan mengkitui program di hotel yang berkerjasama ini,” tutur Yeyen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *