Kanim Batam Gelar Studi Tiru, Guna Wujudkan Integritas menuju WBBM

Batamclick.con, Batam – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam melakukan studi Tiru Ke kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Pandan dalam rangka pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Kamis (11/11/2021).

Adapun perwakilan kantor yang ikut yaitu Kepala Bidang Teknologi dan Komunikasi Keimigrasian, Bapak Tessa Harumdila, Kepala Bidang Intelejen dan Penindakan Keimgrasian, Bapak Ricky Rachmawan, Kepala Seksi Izin Tinggal Keimigrasian, Bapak Raja Reza Hediansah, Kepala Seksi Pemeriksaan III, Bapak Muchsin Miralza, dan Analis Keimigrasian Ahli Pertama, David Edward Lumbantoruan.

Kunjungan Kanim Batam disambut langsung oleh Plh.Kakanim, Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Hendra Adhiwibowo, didampingi juga oleh Kepala Seksi Dokumen Perjalanan, Ibu Oktya Hartati Putri, Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Bapak Nanang serta pegawai Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Pandan.

BACA JUGA:   Songsong Indonesia Emas, Rudi Gaungkan Generasi Sehat Tanpa Narkoba

Kepala Bidang Teknologi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Batam Tessa Harumdila mengatakan, kegiatan studi tiru ini bertujuan untuk melihat langsung agar bisa mengikuti jejak Kanim Tanjung Pandan yang sebelumnya sudah meraih predikat WBBM.

“Kegiatan studi tiru yang dilaksanakan oleh Kanim Batam bertujuan untuk mengikuti kontestasi menuju WBBM,” ungkap Tessa kepada Batamclick, Jumat(12/11/2021) Pagi.

Dikatakan Tessa, sebelumnya beberapa pengalaman Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Pandan telah meraih Predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani pada tahun 2020.

Kanim Tanjung Pandan juga memberikan beberapa inovasi unggulan yang diantaranya Inovasi datang langsung ke desa dan pulau atau dengan jargonnya yaitu dikenal dengan nama inovasi Mendanau.

BACA JUGA:   Bakes Dari Tim KesehatanBeri Pelayanan Pengobatan Kepada Satgas TMMD

Setiap inovasi unggulan mempunyai pegawai yang ditugaskan seperti bujang dan dayang informasi yaitu terdapat pegawai yang ditugaskan untuk menjawab terkait permohonan paspor, kelayang creative corner, Simpor yaitu sitem pelacakan permohonan paspor.

Pempek yaitu pemberian kompensasi kepada pemohon apabila terjadi keterlambatan penyelesaian paspor, Perawas yaitu Pojok Literasi dan Wawasan (Perawas) Wall of Press yang berisikan tentang berita-berita terkait Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Pandan.

” Dengan dilaksanakannya kegiatan studi tiru ini bisa saling bertukar informasi khususnya bagi Kanim Batam yang sedang ingin meraih predikat WBBM yang pada dasarnya yang telah diperoleh oleh Kanim Tanjung Pandan terlebih dahulu,” terang Tessa.

BACA JUGA:   Jadwal Liga Champions Malam Ini: Ada Liverpool Vs Ac Milan, Inter Vs Madrid

Lanjut Tessa, pertukaran informasi dan gagagasan serta inovasi-inovasi secara interaktif antara Kanim Batam dengan Kanim Tanjung Pandan, dan juga menjalin komunikasi yang baik diantara kedua belah pihak.

” Untuk menghadapi desk evaluasi Tim Penilai Nasional diharapkan kegiatan studi tiru ini dapat menjadi masukan yang baik serta inovasi-inovasi dan saran yang didapat dari kegiatan studi tiru dapat menjadi salah satu acuan untuk rencana kedepannya,” tutur Tessa.