Bakamla Padamkan KM Bintang Surya Terbakar di Perairan Karimun, 1 ABK Tewas

BATAMCLICK.COM: Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) KN Pulau Dana-323 berhasil memadamkan kapal motor (KM) Bintang Surya yang terbakar di Perairan Karimun, Selat Malaka, Riau, hari ini. Satu awak kapal tewas dalam kebakaran tersebut.

“Diketahui KM Bintang Surya membawa anak buah kapal (ABK) berjumlah 18 orang, 17 orang selamat dan 1 orang di antaranya dinyatakan meninggal dunia,” kata Pranata Humas Ahli Muda Bakamla RI Kapten Bakamla Yuhanes Antara dalam keterangannya, Minggu (12/6/2022).

Yuhanes mengatakan awalnya Bakamla RI KN Pulau Dana-323 sedang berpatroli di Selat Singapura dan melaksanakan operasi Amerta Bumi II. Kemudian, KN Pulau Dana-323 mendapat permintaan bantuan darurat melalui kontak radio di channel 16.

BACA JUGA:   Jadi Pembicara Talkshow, Kapolsek Bengkong Ajak Warga Jaga Kamtibmas

“Pulau Dana-323 dengan kecepatan tinggi bergerak menuju lokasi kejadian. Diketahui koordinat kapal target di posisi 01.35.45 U – 103.35.09 T atau di sekitar Perairan Karimun,” ujarnya.

Yuhanes menjelaskan Bakamla KN Pulau Dana-323 langsung mengaktifkan alat pemadam ketika tiba di lokasi. Di antaranya menurunkan rigid inflatable hulled boat (RHIB) dan penyemprotan air ke kapal.

“Segera menurunkan rigid inflatable hulled boat (RHIB) dan mengaktifkan peralatan pemadam kebakaran yang dimilikinya. Tak lama kemudian, air disemprotkan ke kapal yang terbakar itu,” tuturnya.

Dia menyebut KM Bintang Surya yang terbakar itu merupakan jenis kapal kargo kayu. Kapal tersebut tengah berlayar dari Singapura menuju Tanjung Balai Karimun.

BACA JUGA:   Nelayan Temukan Mayat Pria di Perairan Pulau Karimun Anak

“Dari hasil identifikasi awal tim Bakamla RI, kapal terbakar tersebut diketahui bernama lambung KM Bintang Surya. Kapal dengan jenis Kapal Kargo Kayu bermuatan barang kelontong itu sedang berlayar dari Singapura menuju Tanjung Balai Karimun,” lanjut Yuhanes.

Korban kebakaran KM Bintang Surya dibawa ke Tanjung Balai Karimun untuk pemeriksaan medis. Bakamla RI KN Pulau Dana-323 masih berjaga di sekitar lokasi kebakaran.

“Selanjutnya, korban dievakuasi ke KRI Lemadang 631 yang juga turut serta melakukan pertolongan bersama dengan beberapa Kapal Tunda yang sedang melintas, di antaranya adalah TB. Maya dan TB. Maiden Central,” ujarnya.

BACA JUGA:   Penerapan Strategi Manajemen Risiko yang Efektif, Dorong Sektor Pariwisata Batam

“Para korban dibawa ke Tanjung Balai Karimun untuk pemeriksaan medis lebih lanjut. Penyebab kecelakaan masih dalam investigasi dan KN. Pulau Dana 323 masih melaksanakan pengamanan di sekitar lokasi kejadian,” tambahnya.

(dekk)