Anggota Jajaran Koramil Ikuti Zoom Meeting Peringatan Nuzulul Qur’an Tingkat Kabupaten Cilacap

Cilacap – Anggota Koramil jajaran Kodim 0703 Cilacap bersama jajaran Forkopimca melaksanakan kegiatan Peringatan Nuzulul Qur’an tingkat Kabupaten Cilacap via Zoom Meeting yang digelar secara virtual oleh Pemkab Cilacap, Rabu(28/4) malam.

Seperti yang dilakukan personel Koramil 05 Nusawungu bersama unsur Forkopimca Nusawungu saat mengikuti kegiatan tersebut bertempat di Pendopo Kecamatan.

Turut hadir, Camat Nusawungu, Agus Supriono S.Sos,Msi, Danramil 05/Nusawungu, Kapten Cba M. Isa Saefudin, Kàpolsek Nusawungu diwakili oleh Aiptu Ahmad Fauzi, Kepala Sekolah SMP N 1 Nusawungu Sudarsono S.Pd, Kepala Sekolah SMP 2 Nusawungu dan Kepala KUA Nusawungu Tolkhah.

BACA JUGA:   Dandim Cilacap Hadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022

Adapun susunan acara yaitu pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an, penyerahan dana hibah, sambutan Bupati Cilacap H.Tato Suwarto Pamuji dan tauziah yang disampaikan oleh Ustadz Mintaraga Eman Surya, LC, MA Dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Di awal sambutanya Bupati Cilacap H. Tatto mengatakan carilah ilmu sampai ke negeri cina. Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan Nuzulul Quran adalah agar umat muslim lebih mencintai Al-Qur’an, giat membaca dan memahaminya serta mengamalkan dalam kehidupan sehari – hari.

“Selain itu kegiatan peringatan Nuzulul Quran juga bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta mempererat tali silaturahmi diantara umat muslim yang akan datang,” kata Tatto.

BACA JUGA:   Terus Digenjot, Renovasi Rumah Maemunah Hampir 100 Persen

Dalam tausiahnya, Ustadz Mintaraga Eman Surya menuturkan bahwa kita sudah bertahun tahun memperingati Nuzulul Qur’an, tapi apa hikmah dari peristiwa agung tersebut perlu dipahami.

“Nuzulul Qur’an adalah peristiwa pertama kali diturunkannya wahyu Allah SWT berupa Al Qur’an yaitu Surah Al-Alaq ayat 1 sampai 5 yang diterima Nabi Muhammad SAW. Peristiwa ini terjadi di Gua Hiro (Makah) pada malam ke-17 Ramadhan,” tutur dia.

Lanjutnya, “Bulan ramadhan adalah bulan diturunkannya Al Quran, untuk itu sangat baik untuk memperbanyak membaca Qur’an dan memahami maknanya,” tambahnya.

BACA JUGA:   Ririn Warga Desa Tamansari Bisa Menikmati Mulusnya Jalan Hasil TMMD

Disampaikan juga melalui tausiahnya bahwa dalam surat Al Baqarah ayat 185 disebutkan Al Quran diturunkan untuk mencerahkan hati manusia, baik buruk manusia tergantung pada segumpal darah yaitu hatinya.

“Dan AlQuran adalah obat bagi penyakit hati, yang menjadi cahaya dan penyejuk ruhani. Sebagai petunjuk bagi manusia dan pembeda antara yang hak dan yang batil,” tandasnya.Oke