Marlin Ajak Kader Bergerak Bersama Menurunkan Stunting

BATAMCLICK.COM, Ketua TP PKK Kota Batam Hj Marlin Agustina mengatakan bahwa upaya menurunkankan angka stunting merupakan kerja bersama semua pihak. Termasuk para kader PKK. PKK, harus menjadi yang terdepan yang bergerak dalam menurunkan dan mengatasi stunting.

“Percepatan penurunan stunting merupakan upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia. Kita, pada kader PKK, harus terus bergerak agar setiap tahun angka stunting di Batam terus menurun,” kata Marlin saat membuka Pembinaan Kader PKK Dalam Percepatan Penurunan Stunting di Asrama Haji, Kota Batam, Rabu (27/10).

Angka stunting di Batam saat ini masih di angka 6,02 persen, lebih baik dari angka nasional sebesar 27 persen. Malah lebih baik dari target nasional di tahun 2024 sebesar 14 persen.

BACA JUGA:   Gubernur Ansar Minta Dukungan Pusat dan Kedutaan, Penanganan Kepulangan PMI Melalui Kepri

Meski angka stunting di Batam rendah, Ketua PIKORI BP Batam ini mengingatkan para kader PKK untuk tetap bergerak mencegah pertambahan angka stunting. Para kader, kata Marlin, harus bergerak mengedukasi dan mensosialisasikan, terutama ke ibu hamil dan menyusui, sehingga pemahaman mereka meningkat untuk mencegah stunting.

Pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Kepulauan Riau ini pun mengingatkan puskesmas, posyandu, tetap memberi pelayanan maksimal kepada ibu hamil maupun balita. Pandemi covid19 ini jangan mengurangi layanan untuk mereka. Apalagi kini kondisi di Batam terus membaik.

BACA JUGA:   Klasmen Sementara Liga Inggris: Tottenham Teratas, Arsenal Juru Kunci

Wagub Marlin menyampaikan, butuh kerja keras semua pihak, terlebih kader PKK, agar angka stunting terus menurun. Dampak pandemi covid19 ini memang dikhawatirkan menyebabkan adanya pertambahan angka stunting.

Tapi, perempuan kelahiran Karimun ini yakin, jika semua bergerak, semua itu bisa diantisipasi bersama. Apalagi jika para kader aktif, sehingga semua bisa diantisipasi sejak awal.

Sepanjang Rabu ini, Marlin menang bergerak dalam banyak acara yang meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dimulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD), menggerakkan masyarakat gemar membaca melalui pojok baca digital dan hari ini dalam upaya penurunan angka stunting.

BACA JUGA:   58 Mobil Pengangkut Sampah Tercatat, Tapi Wujudnya tak Nampak, KEMANA?

“Menekan angka stunting ini merupakan upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Karena itu kita harus berperan agar generasi penerus kita harus tumbuh sebagai sumber daya manusia yang berkualitas,” kata Wagub Marlin.