Bersama Walikota Batam, Marlin Ziarahi Makam Engku Putri Usai Salat Berjamaah di Masjid Penyengat

BATAMCLICK.COM: – Tradisi ziarah sangat kental dalam kebudayaan Melayu. Inilah yang kerap dilakukan Wali Kota Batam/Kepala Badan Pengusahaan Batam H Muhammad Rudi (HMR) dan istri, Hj Marlin Agustina, yang tak lain adalah Wakil Gubernur Kepulauan Riau.

Kamis (19/1/2023) petang, kedua pemimpin ini kembali mengunjungi pulau mas kawin Sultan Mahmud Syah kepada Raja Hamidah.

Begitu Maghrib tiba, HMR dan Marlin salat berjamaah di Masjid Raya Sultan Riau, atau dikenal dengan Masjid Penyengat.

Masjid ini dibangun sekitar tahun 1832 oleh Raja Abdul Rahman, menggunakan campuran pasir dan putih telur dan tanah liat.

BACA JUGA:   Keluarga Isyaratkan Nathalie Holscher Bersiap Gugat Cerai Sule

Sampai saat ini Masjid Pulau Penyengat masih terawat baik. Masjid yang ditopang oleh empat tiang beton itu tampak kukuh. Dindingnya memadukan warna hijau dan kuning keemasan. Keberadaan 17 menara dan kubah melengkapi keagungan masjid ini.

Selanjutnya HMR, Marlin melakukan ziarah ke Komplek Makam Raja/Engku Hamidah (Engku Puteri) yang ada di dalam pemakaman ini. Setelah itu, keduanya kembali ke Batam.

𝗦𝘂𝗱𝗮𝗵 𝗗𝗶𝗯𝗮𝗻𝗴𝘂𝗻 𝗦𝗲𝗷𝗮𝗸 𝗧𝗮𝗵𝘂𝗻 𝟭𝟴𝟬𝟬-𝗮𝗻

Pulau Penyengat menyimpan banyak kisah sejarah. Pada tahun 1800-an, pulau ini menjadi negeri tempat kediaman Sultan Riau-Lingga, di mana kekuasaannya mencakup hingga Singapura dan Semenanjung Malaysia.

BACA JUGA:   Pola Getaran Aneh, Gempa di Gorontalo Bikin Warga Pusing

Pulau Penyengat terletak di sebelah barat Kota Tanjungpinang sejauh kurang lebih 1,5 km dari Kota Tanjungpinang. Luasnya tidak lebih dari 1,5 km.

Tanahnya berbukit-bukit terdiri dari pasir bercampur kerikil, sementara pantainya umumnya landai; sebagian berumput, sebagian lagi berbatu karang.

Kini Pulau Penyengat adalah sebuah pulau kecil berstatus kelurahan yang bernama Kelurahan Penyengat, Kecamatan Tanjungpinangkota, Kota Tanjungpinang.

Jarak Pulau Penyengat dari Tanjungpinang hanya sekitar 1,5 km. Pulau tersebut terlihat dari Kota Tanjungpinang. Waktu tempuh pompong ke Pulau Penyengat hanya sekitar 10 menit. (ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *