Puasa Asyura 2021: Niat , Dalil, dan Keutamaannya

BATAMCLICK.COM: Puasa Asyura merupakan salah satu ibadah sunnah yang bisa dikerjakan umat Islam di bulan Muharram. Pada tahun ini, puasa Asyura 2021 jatuh pada tanggal 19 Agustus.

Selain puasa Asyura, ada juga puasa Tasua 2021 yang dikerjakan lebih dulu daripada Asyura, yakni tanggal 18 Agustus. Sehingga, jadwal puasa Tasua dan Asyura 2021 adalah 18 dan 19 Agustus 2021.

Puasa Asyura 2021:

Niat Puasa Asyura 2021

Arab: نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ِعَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati ‘Asyura lillahi ta’ala.

Artinya: Aku berniat puasa sunah Asyura karena Allah Lillahi ta’ala

BACA JUGA:   Melalui Program Aspirasi, Anggota DPR RI Cen Sui Lan Sosialisasikan Pembangunan Delapan Ruas Jalan di Tanjungpinang

Dalil Puasa Asyura 2021

Dikutip dari buku ‘Dahsyatnya Puasa Wajib & sunah Rekomendasi Rasulullah’ karya Amirulloh Syarbini & Sumantri Jamhari sebelum diwajibkan menjalankan puasa Ramadhan, Rasulullah mewajibkan puasa Asyura.

Namun, ketika puasa Ramadhan diwajibkan, Nabi Muhammad SAW meninggalkan puasa Asyura dan bersabda seperti dalam hadits riwayat Bukhari,

“Barangsiapa hendak berpuasa maka berpuasa lah, dan barangsiapa hendak berbuka maka berbukalah.”

Para ulama pun berpendapat bahwa puasa Asyura hukumnya sunnah muakad atau sunnah yang sangat dianjurkan. Walaupun begitu, para sahabat jarang meninggalkan puasa ini mengingat ada banyak keutamaan di baliknya.

Keutamaan Puasa Asyura 2021

Dalam hadits riwayat Muslim, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad, Rasulullah SAW bersabda, “Puasa Asyura dapat menghapus dosa-dosa satu tahun yang lalu.”

BACA JUGA:    Satpol PP Kepri Amankan Lima Kontainer di Tugu Sirih

Rasulullah SAW juga bersabda bahwa puasa Asyura merupakan puasa yang utama setelah Ramadhan. Dari hadits riwayat Muslim, Nabi SAW bersabda,

“Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, yakni bulan Muharram, dan sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam.”

Selain itu, keutamaan puasa Asyura 2021 yang lain adalah bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sehingga bisa memohon agar dosa-dosa bisa diampuni, seperti yang dilakukan Nabi Muhammad SAW

Dalam hadits riwayat Muslim, Nabi SAW bersabda, “Aku memohon kepada Allah untuk menghapus dosa yang pernah aku perbuat pada satu tahun sebelumnya.”

BACA JUGA:   Letkol Pnb Iwan Setiawan Ikuti Apel Komandan Satuan TNI AU Tahun 2021

Sahabat Hikmah, jangan lupa jadwal puasa Asyura 2021 ya!(syt)

sumber:detikcom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *