10 Desa di Kecamatan Sampang Deklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan

Cilacap – Danramil 07/ Maos Kapten Cba M. Isa Saefudin menghadiri acara Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan Open Defecation Free (ODF) yang berlangsung di Gedung Graha Manunggal Desa Nusajati, Jalan Protokol No. 41 RT 02 RW 05 Desa Nusajati Kecamatan Sampang, Kabupaten Cilacap, Kamis (31/3/22). 

Acara ini juga dihadiri Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, Kepala Dinkes Cilacap yang diwakili Tri Sabdono Skm, Kepala Baznas Cilacap diwakili Hamidan Majdi, Kabag Kesra Cilacap Oktri Noviyanto, Camat Sampang Drs Khoerudin, Kapolsek Sampang AKP Fuad, Kepala UPT Puskesmas Sampang dr. Basuki serta Kades se Kecamatan Sampang.

Bupati Cilacap,H.Tatto Suwarto Pamuji, dalam sambutannya mengatakan, ODF atau stop buang air besar sembarangan sejalan dengan visi Bangga Mbagun Desa pilar kesehatan yakni terwujudnya kondisi sanitasi dasar yang aman dan layak serta berkelanjutan bagi seluruh warga. 

BACA JUGA:   Usaha Kreatif Ukiran Kayu Milik Warga Tamansari

“Faktor yang paling besar pengaruhnya terhadap derajat kesehatan masyarakat adalah lingkungan dan perilaku,’’ kata Bupati.

Bupati juga mengungkapkan bahwa perubahan perilaku sehat akan sulit apabila masyarakat tidak mempunyai keinginan untuk merubahnya. Menurutnya, perubahan itu harus dimulai dari diri sendiri dan dimulai sejak dini, sehingga menjadi terbiasa dan menjadi pola hidup sehat.

Pada kesempatan ini Bupati juga menyerahkan bantuan secara simbolis berupa paket sembako kepada 20 orang, bantuan jamban kepada 5 orang dan bantuan RTLH kepada 4 orang warga.

Sementara, untuk Deklarasi ODF di bacakan oleh Camat Sampang didampingi Kepala Desa se Kecamatan Sampang kemudian diikuti warga yang diwakili oleh masing-masing kader Ketua RT dan RW yang hadir pada kesempatan  tersebut. 

BACA JUGA:   Usia Bukan Penghalang, Sertu Imron Tetap Semangat Dan Berkarya

Adapun untuk wilayah Kecamatan Sampang ada 10 desa yang ODF yakni Desa Paberasan, Desa Karangjati, Desa Karang Asem, Desa Sampang, Desa Sidasari, Desa Paketingan, Desa Nusajati, Desa Ketanggung, Desa Karangtengah dan Desa Brani.

(R07/Pendim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *