Peringati HJK 2021, Kodim Cilacap Gelar Karya Bakti Penanganan Tanggul Darurat Pantai Lengkong dan Kemiren

Cilacap – Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika (HJK) Tahun 2021, Kodim 0703 Cilacap bersama Pemerintah Kabupaten Cilacap menggelar kegiatan Karya Bakti berupa Penanganan Tanggul Darurat guna mengatasi abrasi di sepanjang Pantai Lengkong dan Kemiren, Kecamatan Cilacap Selatan, Selasa (30/11/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cilacap Drs. Wijonardi, M.M, Kasdim 0703/Cilacap Mayor lnf Drs. Abdul Asis Lallo, Wakapolres Cilacap Kompol Suryo Wibowo, S.I.K, Pasintel Lanal Cilacap  Mayor Laut (T) Harry S Wahyu S. Sos, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Cilacap Dwi Purnama, S.H, Ka. Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya, S.H, Kadis PSDA Cilacap Saiful Hidayat, Perwakilan PT. S2P Cilacap, dan Camat Cilacap Utara Sunarti, S.STP., M.Si

Kegiatan diawali dengan apel bersama yang dipimpin Bupati Cilacap dalam hal ini diwakili oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cilacap Drs. Wijonardi, M.M yang diikuti oleh para Babinsa Kodim 0703/Cilacap, anggota Basarnas Cilacap, BPBD Cilacap, Pemuda Pancasila, Linmas dan relawan setempat.

BACA JUGA:   Rusmanto Tak Kenal lelah Sekali Angkut Tiga Sak Semen

Dalam kesempatan itu Bupati Cilacap melalui Kepala Pelaksana BPBD Wijonardi mengatakan dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika Tahun 2021 Kodim 0703/Cilacap dilaksanakan Karya Bakti, hal ini tentunya merupakan wujud kepedulian dari Keluarga Besar Kodim 0703/Cilacap atas bencana abrasi yang menyebabkan jebolnya tanggul di Pantai Lengkong Cilacap.

“Berkenaan dengan hal itu, saya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Cilacap menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Keluarga Besar Kodim 0703/Cilacap, yang dalam memperingati Hari Juang Kartika melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat bagi kita semua,” katanya.

Seperti kita ketahui bersama bahwa abrasi adalah suatu proses alam berupa pengikisan tanah pada daerah pesisir pantai yang diakibatkan oleh ombak dan arus laut yang sifatnya merusak terkadang juga disebut dengan erosi pantai.

BACA JUGA:   Tim Kesehatan Satgas TMMD Reguler Ke-111 Lakukan Penyemprotan

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa pada Oktober lalu telah terjadi abrasi di sepanjang pesisir Pantai Lengkong yang telah menyebabkan tanggul pantai jebol dan mengakibatkan beberapa nelayan menghentikan sementara aktivitasnya untuk pergi melaut. Namun demikian, kondisi cuaca yang kurang mendukung membuat proses penanganan tanggul menjadi terhambat dan kurang maksimal. 

” Untuk itu, dengan adanya kegiatan penanganan tanggul darurat yang dilaksanakan oleh Keluarga Besar Kodim 0703/Cilacap pada hari ini mudah-mudahan dapat meminimalisir dampak dari gelombang pasang air laut yang semakin meluas. Oleh karena itu, saya sangat berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan sebaik baiknya sehingga hasil dapat memberikan manfaat,” jelasnya.

BACA JUGA:   Menambah Ketrampilan Bagi Ibu Persit Dengan Belajar Membuat Kue Dumbek

Terkait kegiatan tersebut, Kepala Staf Kodim 0703 Cilacap Mayor Inf Drs Abdul Asis Lallo berharap semoga peringatan Hari Juang Kartika  dapat menjadi media introspeksi dan mawas diri bagi pihaknya TNI  di Kabupaten Cilacap dalam melaksanakan tugas, serta memotivasi anggota TNI agar dapat memberikan kontribusi maksimal kepada masyarakat.

“Di samping itu, momentum peringatan ini diharapkan mampu meningkatkan komitmen TNI untuk menjadi profesional, modern, militan sekaligus bersemangat memperkokoh kemanunggalan dengan rakyat. Hal ini penting, karena sebagai bagian dari komponen bangsa Indonesia, TNI AD dalam hal ini Kodim harus senantiasa tanggap dan peduli terhadap kondisi kehidupan rakyat, turut berpartisipasi dan berkontribusi maksimal dalam menghadapi berbagai persoalan faktual di masyarakat,” harap Kasdim.

Oke