Ini Pesan Bupati Karimun Saat Rakor Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi 2022

BATAMCLICK.COM: Bupati karimun Aunur Rafiq menghadiri Rapat Koordinasi Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi 2022, di Aston Karimun Hotel, Senin (19/9).

Dengan mengangkat tema Mencatat Untuk Membangun Negeri Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) merupakan pengumpulan data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan. Data Regsosek akan menjembatani koordinasi dan berbagi pakai data lintas lembaga dan lintas daerah, untuk memastikan pemakaian data yang konsisten karena terhubung dengan data induk kependudukan, serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan.

BACA JUGA:   Legenda Ini Prediksi Chelsea Gagal Berada Di 4 Besar

Program Registrasi Sosial Ekonomi 2022 dimaksudkan sebagai bentuk usaha pemerintah melalui Badan Pusat Statistik (BPS), untuk menyamakan data kependudukan yang sudah ada secara nasional. Hal ini bertujuan agar memudahkan semuanya dalam sistem administrasi yang lebih akuntabel, apabila nantinya dikaitkan dengan program-program bantuan pemerintah.

“Regsosek memiliki manfaat dalam penyusunan program-program penuntasan kemiskinan, peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi di daerah” kata Bupati saat menyampaikan sambutan.
“Dengan Regsosek nantinya akan terpeta kondisi sosial ekonomi masyarakat secara keseluruhan” lanjutnya.

Untuk mempermudah dalam pendataan, Bupati meminta kepada seluruh jajarannya untuk membantu petugas BPS yang turun ke rumah-rumah warga.

BACA JUGA:   Hari Libur Bukan Hambatan Untuk Tetap Bekerja Digelaran TMMD 111

“Nantinya  petugas lapangan yang turun ini, akan mengumpulkan data secara riil dari masyarakat. Untuk itu jajaran dinas terkait, kecamatan, kelurahan dan desa serta RT dan RW harus membantu petugas BPS” pungkas Bupati.

Hadir pada kesempatan ini Ketua DPRD Karimun, Kepala BPS Karimun, Forkopimda Karimun, Kepala OPD Karimun dan sejumlah undangan lainnya.(adv/tim)