Kisah Eks Kiper Inter Milan yang Pensiun saat Lawan Timnas Indonesia

BATAMCLICK.COM: Mantan kiper Inter Milan, Paolo Orlandoni, menyimpan cerita unik soal karier sepak bolanya. Siapa sangka, pemain asal Italia itu menghabiskan kariernya dan pensiun saat lawan Timnas Indonesia.

Orlandoni memulai kariernya sebagai kiper pada 1988, sejak promosi dari akademi Inter Milan. Namun mantan kiper kelahiran 1972 itu gagal menunjukkan kemampuan terbaiknya, sehingga dipinjamkan ke sejumlah klub.

Tercatat selama 10 tahun pindah-pindah klub, Orlandoni kemudian direkrut Reggina dan menjadi pemain pilar. Hanya bertahan dua tahun, ia kemudian pindah lagi ke sejumlah tim, seperti Lazio hingga Bologna.

BACA JUGA:   Sergio Aguero Tinggalkan Manchester City di Akhir Musim

Sampai akhirnya kesempatan kembali membela Inter Milan datang pada 2005. Lagi-lagi Orlandoni tak jadi pilihan utama, melainkan kiper ketiga di bawah nama tenar, yakni Julio Cesar dan Francesco Toldo.

Meski hanya jadi kiper ketiga, Orlandoni turut menikmati sejumlah gelar, antara lain tiga trofi Liga Italia secara berturut-turut, sekali Coppa Italia, dan dua kali Supercoppa. Saat itu Inter Milan memang tengah meraih sukses di bawah kepelatihan Roberto Mancini.

Inter Milan kemudian ganti pelatih menjadi Jose Mourinho, dan Orlandoni tetap jadi kiper cadangan. Namun lagi-lagi ia mencicipi gelar yang lebih prestisius, yakni Liga Champions, dua gelar Serie A, hingga juara Piala Dunia Antarklub.

BACA JUGA:   Keji! Guru SMP di Bolsel Sulut Diduga Cabuli 3 Siswa

Jika ditotal, Orlandoni sudah mencicipi 14 trofi meski hanya mencatatkan enam kali tampil selama tujuh tahun di kesempatan keduanya bersergam Inter

Orlandoni kemudian memutuskan pensiun di usia 39 tahun, tepat pada Mei 2012. Menariknya, ia pensiun di Indonesia saat Inter Milan menggelar tur pramusim melawan Timnas Indonesia U-23 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Kala itu, Orlandoni tampil selama 45 menit, dan digantikan oleh Luca Castellazzi pada babak kedua. Di akhir laga Inter Milan menang 4-2 atas Timnas Indonesia U-23.

BACA JUGA:   Resmikan RM Lapau Sutan 2, Amsakar : Bangkitkan Keberagaman Kuliner dan Semangat Pembangunan Kota

Empat gol Inter Milan masing-masing dicetak oleh Philippe Coutinho dan Giampolo Pazzini, yang masing-masing bikin dua gol. Sementara gol balasan Timnas Indonesia U-23 dicetak oleh Patrich Wanggai dan Yohanes Pahabol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *