Bupati Karimun Tinjau RSUD Tanjung Batu Cek Ketersediaan Ruang Isolasi dan Tabung Oksigen

BATAMCLICK.COM, Karimun – Bupati Karimun Aunur Rafiq meninjau RSUD Tanjung Batu untuk memastikan ketersediaan tabung oksigen di Kecamatan Kundur pada Sabtu (24/7/2021).

Kunjungan Bupati Karimun itu sebagai upaya Pemkab Karimun mengantisipasi kasus lonjakan pasien positif Covid-19 dengan menyiapkan tambahan ruang isolasi di beberapa rumah sakit di Kabupaten Karimun.

Selain itu menyusul lonjakan kasus Covid 19 di Karimun, khususnya di di Pulau Kundur mengalami peningkatan yang signifikan dan menyebabkan tempat isolasi hampir penuh.

Aunur Rafiq mengatakan telah melakukan koordinasi dengan Direktur RSUD Tanjung Batu. Diputuskan untuk menambahkan sebanyak 20 tempat tidur yang nantinya digunakan sebagai ruang inap khusus pasien Covid-19 yang bergejala.

BACA JUGA:   23 Orang Pakai Kapal Kayu Masuk Karimun, Berhasil Dihentikan Pol Air Polres Karimun

“Sebanyak 20 tempat tidur di RSUD Tanjung Batu digunakan sebagai ruang rawat inap pasien Covid-19 bergejala dan bagi pasien non Covid 19 yang dirawat inap di RSUD ini akan pindahkan ke Puskesmas Kundur yang berada di Sungai Sebesai,” kata Bupati Karimun dalam siaran persnya, Minggu (25/7/2021).

Ia menjelaskan ruang isolasi di rumah sakit Tanjung Batu tersebut khusus untuk pasien Covid-19 yang bergejala. Sedangkan yang tidak bergejala disiapkan tempat isolasi terpusat di Hotel Gembira Tanjung Batu.

Aunur Rafiq berharap semua warga Kabupaten Karimun tetap sehat dan berapa pun tempat tidur isolasi disiapkan pemerintah. Apabila masyarakat tidak taat protokol kesehatan, maka kekurangan tempat isolasi dan tenaga kesehatan bisa kewalahan.

BACA JUGA:   Tekan Penyebaran Covid-19, Polres Karimun Lakukan Penyekatan Antar Kecamatan

Pada kunjungan ke pulau Kundur, Aunur Rafiq ingin memastikan ketersediaan tabung oksigen, APD hingga obat-obatan untuk penanganan pasien Covid-19 di RSUD Tanjung Batu.

Menurut Aunur Rafiq, penanganan Covid-19 di Pulaua Kundur harus semaksimal mungkin dilaksanakan. Untuk itu, segala kesiapan baik obat, tabung oksigen hingga APD harus selalu dipersiapkan matang.

Guna memastikan ketersediaan tabung oksigen, Aunur Rafiq yang didampingi Kadis kesehatan, Rachmadi dan Direktur RSUD Tanjung Batu melakukan peninjauan ke Toko Sri Tanjung yang merupakan sub agen oksigen. Toko Sri Tanjung merupakan penyuplai oksigen ke RSUD Tanjung Batu.

BACA JUGA:   Kapolres Karimun Bersama Bupati dan FKPD Tinjau Lokasi Karantina Terpadu di SMPN 2 Binaan

Selain penambahan tempat tidur, Aunur Rafiq juga meminta dilakukan penambahan tabung oksigen sebanyak 50 persen dari total yang digunakan di RSUD Tanjung Batu.

Sumber: BATAMTODAY