Sosialisasi Penanggulangan Bencana Skala Lokal, Babinsa Alangamba Siap Sinergi Bantu Pemerintah

Cilacap –  Babinsa Alangamba, Koramil 04/Binangun, Kodim 0703/Cilacap Serda Rahmat Junaedi menghadiri kegiatan Sosialisasi penanggulangan bencana skala lokal bertempat di Aula Balai Desa Alangamba Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap, Kamis (24/11/22).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala UPT BPBD Kroya Sugiarto, Kepala Desa Alangamba Bapak Tohirin, S.H. beserta Perangkat, Babinsa Alangamba Serda Rahmat Junaedi, Bhabinkamtibmas Desa Alangamba Aipda Dwi Ariyanto, dan para Ketua RT/RW se Desa Alangamba. 

Disampaikan Kepala UPT BPBD Kroya Sugiarto selaku narasumber Sosialisasi Penanggulangan Bencana Skala Lokal, bahwa wilayah selatan Cilacap merupakan lempeng tektonik yang sudah ada jalur gempa sehingga potensi gempa lebih besar jadi setiap warga Desa tetap waspada. 

BACA JUGA:   Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Warga, Kompak Bangun Jembatan Penghubung di Desa Kuripan Induk¬†

“Seandainya terjadi gempa kita harus tau cara cara melindungi diri paling sederhana baik di dalam ruangan maupun ketika kita berada di luar ruangan. Di dalam ruangan kita bisa berlindung di bawah meja ataupun tempat tidur yang terbuat dari kayu dengan berpegang erat, untuk di luar ruangan kita bisa mencari tempat lapang yang jauh dari jalur aliran listrik dan jauhi perbukitan,” ucapnya.

Waspadai gempa yang berpotensi tsunami dengan ciri-ciri gempa kuat di dekat laut, air laut surut, tercium bau belerang, banyaknya ikan yang naik ke darat. Seandainya tandanya mulai muncul maka masyarakat harus mengambil langkah lari untuk menjauhi laut tanpa harus menunggu sirine peringatan. 

BACA JUGA:   Usai TMMD tetap laksanakan anjangsana

“Desa Alangamba adalah tempat evakuasi sementara masyarakat Desa Sidaurip dan sudah disiapkan tempat untuk evakuasi. Apabila terjadi Bencana alam, tiap desa akan dibangun Posko Siaga Bencana tingkat Desa yang melibatkan seluruh warga Desa Alangamba,” tutup Sugiarto.

Menanggapi hal itu, Babinsa Serda Rahmat Junaedi selaku Babinsa Alangamba menegaskan bahwa TNI Koramil 04/Binangun akan selalu siap untuk bersinergi dengan pemerintah dan semua lapisan masyarakat termasuk relawan dalam membantu penanggulangan bencana di wilayah Kecamatan Binangun. 

“Kami juga sudah koordinasi dengan BPBD wilayah Distrik Kroya guna memetakan daerah rawan Bencana dan menyiapkan titik maupun jalur evakuasi manakala terjadi bencana, saya sebagai Babinsa Alangamba siap bersinergi dengan  seluruh elemen dalam upaya tanggap bencana lokal,” tegas Babinsa.

BACA JUGA:   Sangat Dibutuhkan Totalitas Dalam Melaksanakan Suatu Pekerjaan Untuk Memperoleh Hasil Yang Maksimal