Menyambut Keindahan Batu Lepe, Surga Tersembunyi di Pulau Anambas

Pulau Anambas, salah satu permata tersembunyi di Indonesia bagian barat, dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Pada tahun 2012, pulau ini dinyatakan sebagai pulau tropis terindah di Asia oleh portal berita internasional, menjadikannya destinasi wisata yang sangat diminati.

Salah satu daya tarik utama Pulau Anambas adalah Batu Lepe, sebuah destinasi wisata yang menawarkan pemandangan menakjubkan dari pinggiran pantainya. Batu Lepe terletak di area yang belum banyak dikenal, namun menyimpan keindahan luar biasa yang layak untuk dikunjungi.

Keindahan Batu Lepe

Batu Lepe menawarkan pemandangan laut biru yang memanjakan mata, memberikan pelarian yang menyegarkan dari rutinitas sehari-hari. Area ini dapat menampung hingga 100 orang dengan nyaman di lantai decking yang kuat dan aman.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan Laut Cina Selatan, yang berbatasan dengan Vietnam, Malaysia, dan Singapura. Selain itu, mereka juga dapat menikmati kejernihan air laut dan melihat jajaran 229 pulau yang termasuk dalam Kabupaten Anambas.

BACA JUGA:   Wagub Marlin Kunjungi Natuna, Berbagi hingga ke Desa-desa

Asal Usul Nama Batu Lepe

Nama Batu Lepe berasal dari bahasa Melayu yang berarti ‘batu datar’. Sesuai dengan namanya, Batu Lepe memiliki batu datar berdiameter 35 meter yang sering digunakan pengunjung untuk duduk atau bersantai sambil menikmati pemandangan laut yang mempesona. Penamaan ini telah ada sejak zaman dahulu dan mencerminkan budaya lokal Anambas.

Potensi Wisata Batu Lepe

Selain keindahan alamnya, Batu Lepe juga memiliki potensi budaya dan sejarah yang menarik. Salah satu daya tariknya adalah keberadaan terumbu karang yang menakjubkan di dasar laut, menjadikannya sebagai lokasi diving terbaik di dunia.

BACA JUGA:   Fans Arsenal Mestinya Malu dengan Arsene Wenger

Keberagaman budaya dan keindahan bawah laut semakin menarik minat wisatawan asing. Banyak pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan laut dan mempelajari lebih lanjut tentang budaya setempat.

Lokasi dan Akses ke Batu Lepe

Batu Lepe terletak tidak jauh dari pusat kota Anambas, hanya sekitar 7 menit berkendara dengan motor. Lokasinya yang dekat dengan pusat kota memudahkan akses tanpa harus khawatir tentang tempat pengisian bahan bakar atau kesulitan akses.

Tempat ini dapat ditemukan di dekat Masjid Agung Bitul Ma’mur Anambas. Namun, pengunjung perlu membawa bekal makanan karena belum ada booth atau warung yang menjual makanan di sekitar lokasi.

Biaya Masuk dan Fasilitas

Kabar baik untuk wisatawan, biaya masuk ke Batu Lepe adalah gratis. Meskipun tidak ada biaya masuk, kawasan ini menyediakan spot foto yang sangat instagramable, cocok untuk fotografer yang ingin mendapatkan jepretan indah.

BACA JUGA:   Museum Batam Kunjungi Pulau Karas Kecil, Sosialisasi Kepada Masyarakat Untuk Peduli Cagar Budaya

Kabarkan ke Dunia Luar

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Guntur Sakti S.Sos mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama mempromosikan daerah-daerah pariwisata yanga ada di provinsi ini.

“Kepri ini kaya akan daerah-daerah yang indah dan layak menjadi lokasi pariwisata. salah satunya Wisata Batu Lepe ini,” ungkap Guntur.

Untuk itu, Guntur mengajak semua pihak untuk terus mempromosikan daerah-daerah wisata yang ada di sekitarnya, melalui semua platfom media, baik media masa, media sosial, maupun baliho dan spanduk.

“Tentu semakin banyak yang mempublikasikannya, maka akan semakin luas informasi tentang keindahan daerah kita ini tersebar.(Advertorial)