Ini Laporan Sekda Provinsi Jateng Minggu Ke-7 Tahun 2021

Cilacap – Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0703 Cilacap Mayor Inf Drs. Abdul Asis Lallo bersama unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap mengikuti video conference (Vicon) tentang Laporan Sekda Provinsi Jawa Tengah Terkait Capaian Tindak Lanjut Arahan Gubernur Jawa Tengah pada Minggu Ke-7 Tahun 2021, bertempat di bertempat di Ruang Gadri Rumah Dinas Bupati Cilacap, Jln. Jenderal Sudirman No. 32 Cilacap, Jawa Tengah, Senin (22/2).

Tampak hadir, Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, Wakil Ketua DPRD Cilacap Ibu. Purwati, S. Pd, Kapolres Cilacap AKBP Dr. Leganek Mawardi, S.H., S.I.K., M.Si, Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf Drs. Abdul Asis Lallo, Kaurlid Sintel Lanal Cilacap Kapten Laut (P) TB Gunawan, Kepala Pelaksana BPBD Kab. Cilacap Drs. Tri Komara Sidhy Wijayanto, MM, Kepala Dinkes Kab. Cilacap dr. Pramesti Griana Dewi, M.Kes, M.Si, Kasatpol PP Cilacap Drs. Yuliaman Sutrisno, M.Si dan tamu undangan lainya.

BACA JUGA:   Danramil Kroya Pantau Pilkades PAW Desa Ayamalas

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sambutanya mengatakan baru saja kita Rapat dengan Menteri Kesehatan dan Mendagri terkait pelaksanakan percepatan Vaksinasi.

“Target vaksinasi sebanyak 1 juta, disiapkan untuk para pelayan publik sudah mulai divaksin, hari ini kita gencot semua para wartawan, TNI, POLRI, Atlet dan Kelompok kasepuhan melaksanakan Vaksin,” katanya

Lanjutnya, “Jangan sampai kita berkelahi pada sesuatu yang tidak penting, karena ini target kita sampai akhir tahun untuk Vaksin, maka harus kita siapkan. Akhir tahun nanti akan kita laksanakan dengan lebih cepat lagi maka kita melakukan improvisasi bagaimana kita bisa lakukan percepatan,” tegas Ganjar.

BACA JUGA:   Cegah Penyebaran Covid-19, Babinsa Bersama Warga Cilopadang Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Sementara itu, Paparan yang disampaikan oleh Plh. Sekda Jateng Prasetyo Ari Wibowo, Kondisi rumah karantina terpusat di Jawa Tengah s.d tanggal 21 peb 2021, a) AH Donohudan (Pemerintah Provinsi) Kapasitas 872 T, merawat 1.487 pasien konfirm dan selesai isolasi 1.439 (Kondisi saat ini 41 orang, 2,8 %) dirujuk 7 orang.

b).BPSDMD Prov Jateng (Sumbing dan Muria) Kapasitas 266 TT, merawat 391 pasien konfirm dan selesal isolasi 349 (Kondisi saat ini 17 orang/ 4,3%) dirujuk 21, IT lain 4 orang. c) Bapeltan Temanggung (Pemerintah Provinsi) Kapasitas 150 TT, saat ini belum digunakan. d) Rumah Karantina Kab/Kota, Rumah karantina terpusat Kab/Kota saat ini sebanyak 13 lokasi termasuk aset daerah, hotel, puskesmas, dan lain lain.

BACA JUGA:   Satgas TMMD Kodim 0703 Cilacap Bersama Warga Desa Karangkemiri Genjot Target Sasaran Fisik

Ketersediaan TT lCU, TT lsolasi dan Nakes per 21 Feb 2021, jumlah Existing TT ICU.973 dan TT Isolasi. 9.138 (Data s/d Minggu ke-5 Tahun 2021)

” Kendala yang masih dijumpai di lapangan, Inputer di aplikasi Jogo Tonggo di tingkat RW sejak Juli 2020 terbiasa mengisi form laporan berbasis kasus epidemiologi. Sementara PPKM Mikro mengubah laporan berbasis rumah dengan zonasi merah, orange, kuning, hijau,” paparnya.

Untuk mempercepat pelaporan yang sesuai aplikasi berbasis rumah, akan dilakukan validasi oleh Kadis PMD Kab/Kota dengan para Camat selaku supervisor di bawah koordinasi Kadis Permadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah.

“Diharapkan persentase pelaporan per tanggal 21 Februari 2021sebesar 57,50% akan dapat diselesaikan 100 % pada akhir Februari 2020,” terangnya. Oke