Program Ketahanan Pangan, Kodim 0703 Cilacap Tanam Kedelai di Desa Caruy

Cilacap – Upaya mendukung program ketahanan pangan nasional dilaksanakan Kodim 0703 Cilacap dengan memberdayakan lahan tidur milik TNI AD yang lokasinya berada di Desa Caruy, Kecamatan Cipari.

Lahan TNI AD di Desa Caruy seluas 5 hektar, sebagian telah ditanami jagung hibrida varietas Red 7 oleh petani Desa Caruy bersama anggota TNI Koramil 11 Sidareja. 

Terkait hal itu, pada Kamis (23/12/22) Program Ketahanan Pangan Kodim 0703 Cilacap kembali digalakkan dengan menanam tanaman lain yaitu kedelai di area lahan TNI AD di Dusun Karanggintung, Desa Caruy, Kecamatan Cipari.

BACA JUGA:   Tim Solid, kerja Tepat Dan Cepat Hasilkan Pekerjaan Yang Maksimal Dalam Pembangunan

Kegiatan tersebut dihadiri Danramil 11 Sidareja Kapten Inf Agus Wantoro beserta para Babinsa, Pasiter Kodim 0703 Cilacap yang diwakili Serka Rispilihanto, perwakilan Pemerintah Kecamatan Cipari, UPT Pertanian Kecamatan Cipari, dan Kelompok Tani Desa Caruy.

Dikatakan Danramil 11 Sidareja Kapten Inf Agus Wantoro menindaklanjuti arahan pimpinan terkait memanfaatkan lahan yang ada untuk program ketahanan pangan, pihaknya bersama masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani Desa Caruy telah melaksanakan penanaman jagung di atas lahan milik TNI AD di Dusun Karangjambu, Desa Cipari yang saat ini masih dalam tahap perawatan.

BACA JUGA:   Anjangsana Untuk Saling Bertukar pikiran dengan Tokoh Masyarakat

“Terkait kegiatan hari ini kembali menanam tanaman pangan lainnya yaitu kedelai bersama petani Desa Caruy. Jadi Program Ketahanan Pangan tidak hanya tanaman padi, jagung tapi juga Kedelai,” katanya.

Di Kabupaten Cilacap secara umum untuk tanaman padi capaiannya sudah kedaulatan pangan, jadi masyarakat secara umum banyak yang menanam padi. Untuk itu program ketahanan pangan diarahkan menanam jagung dan kedelai.

“Kita tahu bahwa kedelai saat ini masih kecil profitasnya di Kabupaten Cilacap khususnya Desa Caruy, jadi lahan yang ada kita manfaatkan untuk menanam jagung dan sebagian kita tumpang sari dengan tanaman kedelai. Kami berharap tanaman bisa tumbuh subur dan produktif,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Tong Penuh Berisi Air, Sertu Dedi Amankan Pembuatan Adukan

Oke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *