Perampok Tongkang di Selat Singapura Dibal-bal TNI AL

BATAMCLICK.COM, Batam – Patroli keamanan laut TNI Angkatan Laut KRI Siwar-646 berhasil menangkap lima orang tersangka beserta dua speedboat yang melakukan pencurian diatas Kapal Tongkang Linau 133 (TK Linau 133) yang ditarik Tug Boat TB Danum 50 Berbendera Malaysia di Selat Singapura pada Minggu (21/2/21).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh
Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmada I (Danguskamla Koarmada I) Laksma TNI Yayan Sofiyan S.T.,M.M, didampingi Danlanal Batam, Kolonel Laut (P) Sumantri K, MM serta Komandan KRI Siwar 646 Mayor Laut (P) Anugerah saat melakukan konferensi pers di Dermaga Lanal Batam,Batu Ampar, Senin (22/2/2021).

Yayan mengatakan, berawal KRI Siwar-646 yang dikomandani Mayor Laut (P) Anugerah saat melaksanakan patroli di Traffic Separation Scheme (TSS) arah Timur sekitar Perairan Karang Banteng, Kepulauan Riau melihat dua perahu merapat di TK Linau 133 dan tiga orang tengah naik ke atas tongkang tersebut.

BACA JUGA:   Marlin Ajak Masyakat Kelola Sampah, Bisa Jadi Barang Yang Bernilai Ekonomis

“Diketahui kapal TK Linau berlayar dari Kelang menuju Serawak. KRI Siwar sedang melaksanakan kegiatan patroli keamanan laut di kawasan tersebut, dan memantau ada aktivitas upaya-upaya pencurian dilaksanakan lima orang dan mereka tertangkap tangan,” ujar Yayan.

Lanjut Yayan, memergoki kejadian tersebut, KRI Siwar-646 bermanuver mendekat TB Danum 50/TK Linau 133, dan diketahui pelaku menurunkan barang dari tongkang ke perahu.

Kemudian Komandan KRI Siwar-646 memerintahkan untuk melaksanakan pengejaran dan penangkapan terhadap perahu yg diduga melakukan aksi pencurian terhadap TK Linau 133.

” Kejadian tersebut terjadi sekira pukul 12.35 WIB di Selat Singapura sekitar suar Karang Banteng. Dalam penangkapan tersebut KRI Siwar-646 mengamankan lima orang terduga pelaku pencurian terhadap Kapal Tongkang TK Linau 133 yang Ditarik Tug Boat TB Danum 50 berbendera Malaysia yang sedang berlayar dari Kelang tujuan Serawak Malaysia,” terang Yayan.

BACA JUGA:   Berantas Penyalahgunaan Narkoba, Pejabat Utama Dan Kapolsek Jajaran Polresta Barelang Laksanakan Cek Urine

Adapun alat bukti yang berhasil diamankan berupa dua buah perahu dan besi seling kurang lebih 150 kg yang diduga hasil barang curian.

Penekanan tersebut yakni bahwa kesiapan operasional TNI AL yang siap tempur dan siap operasi, digunakan Panglima TNI untuk kehadiran di laut dengan kecepatan respon yang tinggi (Operational Ready Force).

Dikatakan Yayan, KRI khususnya di Jajaran Koarmada I tetap siaga dalam penyelenggaraan Operasi Keamanan Laut terutama di Perairan yang berpotensi masih terdapat tindak kejahatan dan pelanggaran diantaranya pencurian dilaut yang sering mengganggu keamanan salah satunya di Selat Singapura.

Pimpinan TNI AL, kata dia, berkomitmen untuk terus memberantas segala tindak kejahatan, pelanggaran hukum dan tindak pidana di laut yang masih marak terjadi di wilayah perairan perbatasan dengan negara tetangga.

Kehadiran unsur patroli TNI AL baik melalui operasi laut maupun operasi intelijen dengan menggunakan unsur KRI, Pesawat Patroli Maritim, Koarmada I akan selalu hadir untuk melakukan pengawasan di wilayah kerjanya untuk menjamin keamanan dan keselamatan pelayaran di perairan yurisdiksi nasional termasuk di Selat Singapura.

BACA JUGA:   Polresta Barelang Dirikan Pos Terpadu Pengendalian Karhutla Kota Batam Di Pantai Reviola Galang

” Kelima pelaku melanggar pasal 362 KUHP. Untuk penyelidikan lebih lanjut, akan dilanjutkan oleh Lanal Batam dan juga nantinya akan dilimpahkan ke Penyidik Pegawa Negeri Sipil (PPNS),” ungkap Yayan.

Akan terus dilakukan pendalaman sudah berapa kali mereka melakukan aksinya. Karena ini laporan dari negara tetangga, selama tahun ini sudah dua kali kejadian serupa. Saya minta nanti pihak terperiksa untuk bisa kooperatif sehingga masalah ini segera selesai.

” Kami pihak TNI AL dalam mencegah permasalahan ini, tidak hanya dengan patroli saja, tetapi juga dengan kegiatan bakti sosial di sejumlah wilayah atau desa di sepanjang Selat Singapura,” tutup Yayan.