Piala Menpora 2021: Begini Cara PSM Makassar Matangkan Persiapan

Pelatih PSM Makassar Syamsuddin Batola terus mematangkan persiapan timnya jelang Piala Menpora 2021. Caranya dengan memakai taktik dan strategi yang didapat dari para mantan pelatih Juku Eja sebelumnya.

Syamsuddin menjelaskan bahwa ilmu sepakbola yang ia miliki, baik yang terkait teknik, taktik, hingga fisik banyak dipelajarinya saat masih menjadi asisten pelatih PSM. Selama beberapa tahun terakhir, PSM memang sering menggunakan jasa pelatih asing.

Ada mendiang Alfred Riedl, kemudian Hans-Peter Schaller, Luciano Leandro, Robert Alberts, Darije Kelezic, hingga Bojan Hodak. Hal itu membuat Syamsuddin mendapat beragam pemahaman.

BACA JUGA:   Mayat Bayi Diduga Baru Dilahirkan Ditemukan Mengambang di Sungai

Materi latihan yang diberikan kepada para pemainnya pun diakui diperoleh dari para pelatih asing tersebut, untuk kemudian diadopsi olehnya.

“Iya pasti, ada itu saya mengadopsi dari beberapa pelatih asing, mulai dari Alfred Riedl sampai dari Darije (Kalezic), sampai Hans (Peter Schaller) ya,” kata Syamsuddin di lapangan Bosowa Sport Center, Jalan Tengku Umar, Tallo, Makassar, Kamis (19/3/2021) sore.

Ia mengakui pelatih asing yang berkecimpung di sepak bola Indonesia, khususnya di PSM Makassar, memiliki kemampuan bagus dalam meracik taktik dan strategi. Mereka dianggap memiliki pengalaman dan karier yang bagus selama di luar negeri.

BACA JUGA:   Telkom Bagikan Dividen 14,86 Triliun

“Bagaimanapun dia orang luar, ya ilmu lebih banyak dan saya banyak belajar dari itu, dan saya juga selama ini mengikuti beberapa dan itu digabung untuk menjadi kekuatan,” jelas Syamsuddin.

PSM Makassar akan berpartisipasi di Piala Menpora 2021. Juku Eja tergabung dalam Grup B yang berbasis di Malang bersama Persija Jakarta, Borneo FC, dan Bhayangkara Solo FC.

Lawan pertama yang akan dihadapi yakni Persija. Laga itu akan digelar di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Senin (22/3/2021).