Kasus Covid-19 Menurun, Tinggal Batam Kota Zona Merah

BATAMCLICK.COM, Data harian kasus Covid-19 Batam mengalami penurunan, Sabtu (20/2) hanya 8 orang yang terinfeksi. Sementara, pasien sembuh ada 11 orang.

Untuk data sementara total kasus Covid-19 berjumlah 5.842 orang. Rincian, kesembuhan diangka 5.585 orang atau 95,8 persen, meninggal 150 orang atau 2,5 persen, dan masih masih dirawat bekisar 89 orang atau 1,5 persen.

Ketua Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam Didi Kusmarjadi mengakui kasus Covid-19 menurun, sehingga berdampak pada kondisi terkini tiap kecamatan di Batam terutama di mainland berubah warna. Sedangkan, di peta situasi terkini hanya Kecamatan Batam Kota masih di zona merah.

BACA JUGA:   Kemen PUPR Posting Jembatan Batam-Bintan, Netizen Minta Sampai Singapura

“Dari peta Up Date Covid-19 ada beberapa kecamatan sudah berubah warna. Sebelumnya bewarna merah sekarang ada bewarna kuning dan merah muda. Kalau zona hijau masih hiterland” beber Didi, Minggu (21/2).

Dari data tersebut, sejumlah rumah sakit bisa bernapas lega. Karena pasien Covid-19 mulai berkurang. Seperti, RSKI Covid-19 Galang hanya merawat 40 orang, lalu RS BP Batam satu orang, RS Awal Bros ada 14 orang, dan rumah sakit lainnya. Sementara, RSUD Embung Fatimah tidak ada merawat pasien Covid-19. Biasanya, rumah sakit berplat merah ini ada saja pasien Covid-19.

BACA JUGA:   Silaturahmi Kapolda Kepri Bersama BKAG Kota Batam

“Iya ada beberapa rumah sudah kosong termasuk RSUD EF, RS BP hanya satu orang lagi. Kita berharap pasien ini cepat sembuh,” harap Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam itu.

Hal senada juga diutarakan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad. Ia meminta seluruh masyarakat Batam untuk makin memperketat protokol kesehatan demi meminimalisir risiko terjangkit Covid-19. Dengan cara itu pula, Batam akan makin cepat menuju zona hijau.

“Alhamdulillah, kemarin tersisa Batam Kota yang zona merah, yang lainnya sudah berubah warna,” kata Amsakar.

Amsakar kembali mengajak semua pihak kerja bersama melawan Covid-19 tersebut. Menurutnya, dengan selesainya permasalahan Covid-19 tersebut maka semua aktivitas ekonomi, sosial, dan sebagainya akan normal kembali.

BACA JUGA:   BP Batam Siapkan Aplikasi IBOSS, Perizinan Kepelabuhanan Akan Semakin Mudah

“Mari tingkatkan kesadaran kita untuk memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas,” pesan Amsakar.

Sumber: POSMETRO