Pemkab Lingga Serahkan Bantuan Pompong untuk Kelompok Nelayan

BATAMCLICK.COM, Salah satu upaya mewujudkan Bunda Tanah Melayu yang sejahtera, Bupati Lingga bersama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Lingga menyerahkan bantuan sarana dan prasarana Perikanan kepada nelayan di Desa Pulau Duyung, Kecamatan Karang Bidare, Kamis (18/11).

Bantuan yang diperuntukkan bagi Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan tersebut adalah 6 buah pompong. Acara juga disejalankan dengan penyerahan beras kepada masyarakat setempat.

Zalman, Kepala Desa Pulau Duyung menyampaikan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan Pemerintah Kabupaten Lingga kepada para nelayan di desanya.  la pun memanfaatkan kesempatan itu untuk menyampaikan aspirasi masyarakat mengenai
pembangunan dermaga Lubuk Tangis.

Ia berharap, Kabupaten Lingga yang akan segera menginjak usia 18 ini, visi misi Bupati Lingga untuk menyejahterkaan masyarakat bisa tercapai, dan Kabupaten Lingga bisa terus tumbuh membangun.

BACA JUGA:   76 Tahun Indonesia Merdeka, 70 Warga Kepri Tervaksinasi

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lingga H. Kasiman menyampaikan, tahun ini, total bantuan kapal yang diberikan Pemkab Lingga melalui Dana Alokasi Khusus adalah sebanyak 70 unit pompong.

“Alhamdulillah, untuk bidang tangkap, target 36 ribu ton per tahun yang diinginkan Bupati Lingga sudah tercapai. Semoga ke depan, dengan adanya bantuan pompong ini, target kita bisa tercapai,” ujar Kasiman. Namun demikian, meskipun target tersebut tercapai, nelayan masih saja berada di bawah garis kemiskinan. Hal itu menurutnya perlu dicari solusinya agar ada perubahan ke arah yang lebih baik. Untuk itu, pihaknya melalui Dinas Perikanan akan melakukan pembinaan para nelayan yang tergabung di dalam KUB, terutama di bidang pengelolaan keuangan.

BACA JUGA:   Camat Singkep Barat dan Warga Gotong Royong

“Nanti kita akan ubah cara manajemen keuangan mereka, dengan cara melakukan pencatatan utang piutang mereka kepada ‘bapak angkat’, agar ke depan tak lagi ketergantungan secara turun temurun hingga ke anak cucu mereka,” jelasnya lagi.

Untuk itu, ia mengabarkan bahwa para nelayan sudah bisa belajar dari KUB yang telah berhasil dibina, yakni salah satunya adalah KUB Liang Buaya, yang kini telah memiliki aset ratusan juta dari hasil mandiri. “Kita harapkan, nanti dari KUB Desa Pulau Duyung ini juga bisa menjadi KUB mandiri melalui pembinaan ini” tutupnya.

Bupati Lingga M. Nizar sangat mengapresiasi semua pihak yang telah ikut
menyukseskan kelompok usaha bersama nelayan tersebut, utamanya dari jajaran Dinas Perikanan, mulai dari Kepala Dinas, Kabid, Kasi, stafnya, serta para tenaga pendamping yang terlibat.

BACA JUGA:   Ketua DPRD Lingga Tinjau Budidaya Kepiting Bakau

la berharap dari bantuan yang diberikan tersebut bisa dijaga dan dirawat dengan baik, mengingat tidak sedikit dana yang digelontorkan untuk pengadaan pompong tersebut, dan proses yang panjang untuk mendapatkannya.

“Saya berharap, bantuan ini tidak sekedar hanya bantuan kemudian hilang begitu saja tanpa nampak apa yang dihasilkan. Karena sebelumnya sudah banyak bantuan, namun tidak berujung. Kita juga harus mulai memikirkan bagaimana nantinya kelompok-kelompok ini bisa mandiri, dan menciptakan target panen. Upaya kita tak hanya berhenti dari pemberian bantuan, namun lebih ke output dari bantuan tersebut,” kata Bupati Lingga.

Sumber: BATAMPOS