Pemkab Karimun Gelar CFD Coastal Area Setiap Hari Minggu, Pelaku UMKM Memberi Apresiasi

BATAMCLICK.COM: Car Free Day (CFD) di Coastal Area Kabupaten Karimun dipastikan digelar setiap minggu. Selain menjadi ruang bagi masyarakat yang ingin berolah raga, CFD juga menjadi ajang silaturahmi dan peningkatan pendapatan UMKM di Karimun.

Melalui Asisten II Pemkab Karimun Abdullah, bahwa kebijakan CFD atau hari bebas kendaraan bermotor setiap Minggu ini, merupakan instruksi dari Bupati Karimun Aunur Rafiq.

“Sesuai dengan instruksi bapak Bupati, Car Free Day digelar setiap hari minggu di Coastal Area,” katanya.

Abdullah menjelaskan bahwa kebijakan tersebut menyusul kesuksesan Car Free Day perdana pada 14 Agustus 2022 lalu. Saat itu, ribuan masyarakat dan puluhan pelaku UMKM tumpah ruah memadati Coastal Area Karimun.

BACA JUGA:   McTominay Tak Ingin Terlena dengan Pujian

“CFD ini selain untuk kegiatan masyarakat seperti berolahraga juga merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan ekonomi bagi pelaku UMKM di Karimun. Ini lah tujuan kita menggelarnya setiap minggu,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa CFD tersebut nantinya dimulai pukul 06.00 Wib sampai 10.00 Wib.

“Selama CFD tersebut masyarakat bebas melakukan aktivitas apa saja di Coastal Area tanpa harus khawatir ada kendaraan yang lewat,” ucap Abdullah.

Diketahui, CFD perdana yang dilaksanakan pada 14 Agustus 2022 lalu diresmikan secara langsung oleh Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad dan Bupati Karimun Aunur Rafiq.

BACA JUGA:   Komandan Satgas Tekankan Pengerjaan Sasaran Fisik TMMD Sesuai Dengan RAB

CFD di kawasan alun-alun kebanggan masyarakat Karimun ini, menjadi momenbagi pelaku UMKM, guna menjajakan berbagai produknya. Mulai dari kuliner, pakaian dan produk lainnya.

Salah satu pelaku UMKM yang berjualan saat CFD ialah Sabda Eko yang merupakan pemilik Mulut FoodTruck.

Sabda menilai , CFD telah memberikan peluang baru bagi pelaku UMKM di Kabupaten Karimun.

“CFD memberi peluang bagi UMKM, hal ini karena setiap minggu banyak masyarakat yang datang. Sehingga sudah pasti menjadi peluang untuk memasarkan produk-produk kami,” ujar Sabda, Selasa (23/8/2022).

Sabda mengatakan, omset usahanya bertambah dari hari biasanya selama dua kali digelarnya Car Free Day di Coastal Area.

BACA JUGA:   Karius Jadi Incaran Klub Raksasa Swiss

“Selama dua kali berjalan ini, dampak untuk usaha saya sangat positif. Omset bertambah dari hari biasanya,” katanya.

Sabda mengaku sangat mendukung penuh pelaksanaan CFD di kawasan Coastal Area setiap hari Minggu.

Hanya saja, ia meminta pemerintah agar pelaksanaan CFD juga dibarengi berbagai kegiatan-kegiatan yang dapat menarik antusias masyarakat yang lebih tinggi.

“CFD Kedepannya harus buat berbagai kegiatan menarik dan unik, hal ini agar semakin banyak minat masyarakat untuk datang ke Coastal Area,” ucap Sabda.

Diketahui, Car Free Day Coastal Area Karimun digelar setiap hari minggu dengan batas waktu mulai pukul 06.00 Wib sampai 11.00 Wib.(adv/tim)