Papua Jadi Tuan Rumah Forum Nasional Pemimpin Agama Indonesia

Batamclick.com, Provinsi Papua bakal menjadi tuan rumah pertemuan nasional pemimpin antar umat beragama se Indonesia yang akan berlangsung di Kota Jayapura pada Mei 2023.

“Penunjukan Papua sebagai tempat pertemuan pemimpin agama di Indonesia karena hasil peningkatan Indeks kerukunan beragama Papua berada di urutan pertama,” ujar Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Papua KH Syaiful Islam Al Payage di Biak, Ahad.

Payage meminta semua umat beragama di Tanah Papua untuk ikut serta menjaga situasi keamanan dan ketertiban umum sehingga acara besar berskala nasional di Papua dapat berjalan dengan lancar di bulan Mei mendatang.

BACA JUGA:   Viral Video Pria Pegang Bokong Jamaah Wanita Saat Sholat, Publik Geram

“Para tokoh agama di Tanah Papua mendukung penuh pelaksanaan forum pertemuan nasional ini sebab akan dihadiri semua pemimpin umat beragama dari berbagai daerah di Indonesia, ” ujarnya.

Disinggung materi pertemuan nasional pemimpin umat beragama di Papua,  Payage mengatakan forum akan membahas berbagai isu keagamaan yang berkembang di masyarakat.

“Agenda lain forum pertemuan nasional pemimpin umat beragama se-Indonesia untuk melihat dan membuktikan langsung implementasi penerapan kerukunan umat beragama di Tanah Papua,* kata Ketum MUI Papua Payage.

Ia menilai kondisi kehidupan antar umat beragama di Tanah Papua saling toleransi dengan saling menghormati dan menghargai perbedaan dalam keyakinan.

BACA JUGA:   Bunda Marlin Ungkap Pentingnya Bermain sebagai Bagian dari Belajar pada Anak PAUD 

Sedangkan dalam hubungan persaudaraan dan cinta kasih dengan sesama umat beragama, menurut Payage, masing-masing pemimpin umat beragama telah mewujudkan dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan di Tanah Papua.

Sebagai contoh jika ada isu negatif tentang agama yang bisa merembes ke Tanah Papua, menurut Payage, para pemimpin umat beragama langsung mengadakan pertemuan untuk membahas isunya serta berupaya mengatasinya.

“Bahkan, seringkali tokoh agama turun langsung ke masyarakat untuk menjadi mediator atau menjadi penengah untuk mewujudkan kedamaian di Tanah Papua, ” kata Payage.

Kunjungan kerja Ketum MUI Papua ke Biak Numfor menjadi penceramah perayaan Isra Miraj pada Sabtu 18 Februari serta melantik pengurus MUI Biak Numfor periode 2022-2027 diketuai KH Ahmad Burhanulhaq.

BACA JUGA:   Jalan Tol Ditengah Sawah Penghubung Antar Desa

sumber: antaranews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *