Mulai Besok, Penumpang Keluar Masuk Pelabuhan Karimun Wajib Test GeNose C19

BATAMCLICK.COM, Karimun – Bupati Aunur Rafiq mengatakan sesuai dengan surat edaran Gubernur Kepri, penumpang transportasi laut yang keluar masuk melalui Pelabuhan Tanjungbalai Karimun wajib mengikuti test GeNose C19.

Hal ini, katanya, mulai diberlakukan pada Rabu (19/5/2021). Di mana, alat GeNose C19 sudah tersedia di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun, kerja sama Kimia Farma dengan KSOP Karimun.

“Hasil Rakor semalam (Senin) warga masih bisa menggunakan surat kesehatan dari Puskesmas. Tetapi, dengan adanya Surat Edaran Gubernur Kepri, keluar masuk Kabupaten Karimun sekarang wajib test GeNose C19. Karena hal yang sama juga berlakun untuk kabupaten/kota se-Provinsi Kepri,” jelasnya, Selasa (18/5/2021).

BACA JUGA:   Atlet Timnas Futsal Meriahkan Open Turnamen Futsl KMG Cup II Karimun

Untuk biaya test GeNose, kata Aunur Rafiq, informasi yang diterima dipatok sebesar Rp 40 ribu per sekali test yang berlaku 1 x 24 jam.

Sementara pergerakan masyarakat antar pulau di Kabupaten Karimun, sambung Rafiq, masih bisa menggunakan surat kesehatan bebas Covid-19 dari Puskesmas. “Test GeNose ini berlaku hanya untuk pergerakan orang antar daerah di Provinsi Kepri,” kata dia.

Terpisah, Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Puji Basuki menyebutkan, sesuai dengan surat edaran Gubernur Kepri, penumpang yang mau berangkat antar kabupaten/kota di Provinsi Kepri wajib melakukan tes GeNose yang berlaku 1 kali 24 jam.

BACA JUGA:   Galeri Foto: Pansus Hutan Lindung DPRD Karimun Sidak Gudang Handak PT.KG

“Untuk teknisnya akan diatur KSOP dan mulai besok akan diterapkan di pelabuhan,” ujar Puji Basuki.

Sumber: BATAMTODAY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *