Puasa Tarwiyah 2021 Jelang Idul Adha: Ini Hukum, Jadwal, Niat, dan Tata Caranya

BATAMCLICK.COM: Idul Adha 2021 akan dirayakan pada 20 Juli 2021. Selain sholat id, ada puasa sebelum Idul Adha yang dapat dikerjakan umat Islam, puasa tarwiyah salah satunya. Lalu kapan puasa tarwiyah 2021 dilakukan? Simak ulasan jadwal, hukum, tata cara dan niat puasa tarwiyah berikut ini.

Jadwal Puasa Tarwiyah 2021

Dilansir dari NU Online, Puasa Tarwiyah merupakan puasa yang dilaksanakan pada hari Tarwiyah, yakni pada tanggal 8 Dzulhijjah. Itu artinya Puasa Tarwiyah 2021 akan jatuh pada hari Minggu tanggal 18 Juli 2021.

Sebab, Idul Adha 1442 H 10 Dzulhijjah telah ditetapkan pemerintah akan dirayakan pada tanggal 20 Juli 2021. Sehari sebelumnya, anda juga dapat menjalankan puasa arafah 2021, yaitu pada hari Senin, 19 Juli 2021.

Keutamaan Puasa Tarwiyah

BACA JUGA:   Menengok Persiapan Terakhir Barcelona Jelang El Clasico

Keutamaan puasa Tarwiyah didasarkan salah satu hadits yang menyebutkan bahwa puasa pada hari Tarwiyah dapat menghapuskan dosa satu tahun, dan puasa pada hari Arafah menghapuskan dosa dua tahun. 

Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas” (HR Muslim).  

Sayangnya, hadits tersebut termasuk dhaif (kurang kuat riwayatnya) tetapi para ulama memperbolehkan mengamalkannya dalam rangka fadla’ilul a’mal (untuk memperoleh keutamaan). Terlebih, hadits yang dimaksud tidak berkaitan dengan masalah aqidah dan hukum.

Hukum Puasa Tarwiyah 

Puasa Tarwiyah juga merupakan salah satu puasa sunnah sepuluh hari menjelang Idul Adha sebelum 10 Dzulhijjah. Jadi ada sebagian umat muslim yang berpuasa 10 hari. Termasuk puasa Tarwiyah pada tanggal 8 Dzulhijjah dan puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah. 

BACA JUGA:   Demi Rekan, Serda Sutrisno Rela Belanja Sayuran Di Pasar

Dari Ibnu Umar ra, Rasulullah SAW bersabda yang artinya “Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal shalih di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah).” (HR. Ahmad, dishahihkan Syaikh Ahmad Syakir).

Niat Puasa Tarwiyah 

Niat puasa tarwiyah bisa dilakukan dalam hati atau dilafalkan. Niat puasa arafah tidak harus membaca niat bahasa arab namun bisa juga membaca artinya dalam Bahasa Indonesia. Niat utama dalam berpuasa tarwiyah adalah dengan menjalani tulus hati dan penuh kekhusyukan agar keutamaan puasa bisa diraih maksimal.

BACA JUGA:   Menyesal Pakai Ganja, Anji Minta Maaf dan Doa

Berikut ini adalah bacaan niat puasa Tarwiyah menjelang ibadah Idul Adha:

Niat dalam Bahasa Arab : Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: “Saya berniat puasa sunah Tarwiyah karena Allah ta’ala.”

Tata Cara Puasa Tarwiyah

Tata cara puasa Tarwiyah sama seperti puasa wajib atau puasa sunah lainnya. Umat muslim tidak boleh makan minum, menahan hawa nafsu, dan hal lain yang membatalkan puasa lainya dari terbit fajar sampai terbenam matahari.

Selain itu, umat muslim juga dianjurkan untuk tidak melakukan perbuatan yang membatalkan puasa. Sebelumnya, kalian perlu makan sahur dan membaca niat puasa tarwiyah.

Demikian penjelasan lengkap tentang Puasa Tarwiyah 2021 sebelum Idul Adha 1442 H nanti. Jangan lewatkan amalan ibadah ini.(syt)

sumber:suaracom