Kisah Bagus Kahfi di Belanda

Batamclick: Pesepakbola Bagus Kahfi mengaku tak bisa total menjalani puasa Ramadhan di Belanda tahun ini. Ia bahkan harus menyiapkan segala sesuatunya sendiri.

Pemain dengan nama lengkap Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri itu kini merumput di Belanda bersama FC Ultrecht. Ia sudah berada di Negeri Kincir Angin sejak akhir Januari lalu.

Bagus tetap menjalani ibadahnya meskipun kini tinggal di negeri orang. Hanya saja, ia memang harus dituntut mandiri guna menyiapkan kebutuhan berbuka puasanya.

“Berhubung saya tinggal sendiri di sini, ya saya menyiapkan sendiri dari mau buka puasa dan mau sahur. Tarawehnya juga mandiri, sendiri di rumah,” kata Bagus saat dihubungi dari Jakarta, Sabtu (17/4/2021).

BACA JUGA:   Rudi : Patuhi Protokol Kesehatan Cara Terbaik Cegah Covid-19

Pemain kelahiran asal Magelang ini sejatinya sudah pernah menghabiskan masa Ramadhan di negeri orang sejak tiga tahun belakangan. Akan tetapi, ia masih belum bisa menyesuaikan jam latihan yang cukup berat.

“Sebenarnya adaptasi sejauh ini aman. Tapi pernah saya coba untuk puasa ternyata berat sekali, soalnya tidak ada perubahan jam latihan sama sekali,” ujar Bagus Kahfi.

“Makanya saya puasa saat jam tidak latihan saja,” tuturnya.

Bagus resmi bergabung dengan tim U-18 FC Utrecht sebagai pemain dispensasi pada awal 2021 lalu. Ia menandatangani kontrak hingga pertengahan 2022 dengan FC Utrecht dengan opsi perpanjangan 2 tahun.

BACA JUGA:   Wali Kota Batam Rakor Hasil Pilkada 2020 Bersama Presiden Jokowi

Meskipun saat ini berada di tim U-18 untuk beradaptasi, Bagus memiliki target untuk dapat segera bergabung dengan tim inti ‘Jong FC Utrecht’.

Selain Bagus Kahfi, sejumlah nama pemain berdarah Belanda-Indonesia sempat memperkuat klub FC Utrecht ialah Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly, Marck Klok, hingga Mark van der Maarel.