Sasaran Vaksinasi Anak-Anak di Karimun Capai 27.751 Orang

BATAMCLICK.COM, Pemerintah Kabupaten Karimun akan mulai melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap anak usia 6-11. Kegiatan ini akan dilakukan secara serentak se Kabupaten Karimun mulai Jumat (17/12). ”Sesuai dengan perintah dan arahan dari Bupati Karimun, maka kita sudah mendata berapa anak usia 6-11 yang menjadi sasaran untuk menerima vaksin dosis pertama. Awalnya, kita sudah menetapkan sebanyak 26.450 orang. Namun, setelah dilakukan verifikasi lagi, jumlahnya bertambah menjadi 27.751 orang. Tambahan ini berasal dari sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD),” ujar Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Fajar Horison Abidin, Rabu (15/12).

BACA JUGA:   Kadinkes Karimun : Penyintas Covid-19 Bisa Divaksinasi Setelah 3 Bulan

Ternyata, lanjutnya, di sekolah PAUD itu peserta didiknya tidak hanya anak 5 tahun saja. Tapi, juga banyak usia 6, 7 dan bahkan ada 9 tahun. Khususnya, untuk sekolah PAUD yang ada di luar Pulau Karimun. Sehingga, data sasaran bertambah 1.301 orang. Sehingga, sasaran vaksinasi anak menjadi lebih banyak. Rencananya launching vaksinasi akan dilakukan oleh Bupati Karimun di salah satu sekolah di Kecamatan Karimun.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi secara terpisah menyebutkan, vaksinasi untuk anak sudah bisa dilakukan karena angka vaksinasi dosis pertama atau dosis satu untuk warga lanjut usia (Lansia) di kabupaten sudah lebih 66 persen. ”Daerah kita capaian vaksinasi Lansia sudah melebihi batas minimal, sehingga sudah bisa melaksanakan vaksinasi untuk anak 6-11 tahun. Ada daerah lain di Kepri yang vaksinasi Lansia di bawah 60 persen belum bisa melakukan vaksinasi anak,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Besok, Aunur Rafiq Lantik Direksi Perumda Tirta Mulia dan BUP Karimun

Dikatakannya, sesuai dengan surat yang diterima pelaksana vaksinasi anak ini serentak dimulai pada Jumat (17/12) se Kabupaten Karimun yang akan dilaksanakan oleh seluruh UPT Puskesmas. Lokasi vaksinasi tidak hanya di UPT Puskesmas, tapi juga akan turun ke sekolah-sekolah.

”Untuk jenis vaksin yang akan digunakan terhadap anak 6-11 tahun merek Sinovac. Alhamdulillah persediaannya masih mencukupi. Kita ditargetkan dalam waktu satu bulan sudah bisa menyelesaikan sasaran vaksinasi anak ini. Untuk daerah kita, insya Allah dengan jumlah sasaran yang tidak sampai 30 ribu orang bisa selesai kurang dari satu bulan,” jelasnya.

BACA JUGA:   Polisi Karimun Tangkap Penipu Peminjam Uang

Sumber: BATAMPOS