Jelang Penutupan, Satgas TMMD 118 Mulai Finishing Rutilahu

Ciamis – Pada hari ke-26 pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 di Kodim 0613/Ciamis, yang berpusat di Desa Kadupandak Kecamatan Tambaksari hasilnya sudah mulai terlihat, Senin (16/10/2023).

Di hari ini, baik kegiatan fisik maupun non-fisik dari rangkaian TMMD telah mencapai tahap akhir, dan saat ini sebanyak 150 orang personil Satgas TMMD sedang fokus pada tahap finishing.

Dalam pantauan Kapten Kapten Arm Suharto, selaku Pejabat Lapangan, dan pengawas, menyampaikan bahwa hingga hari ke-26 progres pekerjaan sasaran utama telah mencapai 97 persen. 

BACA JUGA:   Ketua Persit KCK XXXIX Kodim 0718/Pati Datangi Lokasi TMMD

“Sejak dimulai, program ini telah melewati banyak tantangan, dan alhamdulillah kami sudah sampai pada tahap finalisasi program yang kami rintis bersama,” ujarnya.

Dalam perspektifnya, dia menegaskan bahwa menjelang penutupan yang akan segera dilakukan, targetnya adalah menyelesaikan seluruh pekerjaan hingga 100 persen.

Hal ini dilakukan untuk memastikan hasil kerja keras yang telah dilakukan tidak menjadi beban bagi masyarakat di masa mendatang. 

“Ketika kami mengakhiri kegiatan ini, kami ingin agar masyarakat segera merasakan manfaatnya,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala desa Kadupandak Jana Sujana  mengungkapkan bahwa manfaat dari kegiatan TMMD Ke-118, yang diinisiasi oleh TNI bersama instansi terkait dan masyarakat, telah mulai dirasakan oleh warga sekitar. 

BACA JUGA:   Kualitas Besi Behel Di Utamakan Dalam Program TMMD Rehap RTLH

“Kami merasa senang, karena akses jalan baru ini akan mempermudah segala aktivitas masyarakat,” ungkapnya.

Untuk diketahui TMMD Kodim 0613/Ciamis tahun ini dipusatkan di Desa Kadupandak, Kecamatan Tambaksari yang dimulai sejak 20 September hingga 19 Oktober mendatang.

Dalam program TMMD kali ini ada dua sasaran. Sasaran fisik meliputi pekerjaan rabat beton sepanjang 350 meter,pengaspalan jalan 750 meter, Irigasi Panjang 90 meter, DAM Panjang 5 meter x lebar 2,2 meter, pekerjaan sumur bor kedalaman 110 meter, MCK Panjang 4x lebar 3 meter dengan lebar 5 meter dan kemudian sasaran tambahan pembuatan tembok penahan tanah Panjang 47 meter, pekerjaan plat beton panjang 5 meter dan RTLH 5 Unit

BACA JUGA:   Budaya Antri Dilaksanakan Oleh Anggota Satgas TMMD Reg 111 Kodim 07818/Pati

Sedangkan sasaran non fisik yaitu melaksanakan kegiatan penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan dan pelayanan Kesehatan, pembekalan pertanian, penyuluhan Pendidikan, Sosialisasi tentang Hukum pidana dan perdata, sosialisasi tentang narkoba dan perjudian serta sidang Isbat.

(pendim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *