Pacu Pertumbuhan Ekonomi, Telkom dan Cisco Temen Kerjasama

Batamclick.com, Jakarta, 15 Desember 2022 – NeutraDC yang juga dikenal sebagai Telkom Data Ekosistem (TDE) yang merupakan anak perusahaan dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) meresmikan kolaborasi bersama Cisco yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh CEO NeutraDC Andreuw Th A.F. dan Country Director of Service Provider Business Cisco di Indonesia Meygin Agustina, pada Senin (12/12). Tujuan kerjasama ini mencakup penggunaan Data Center untuk Cisco Platform Mobile IoT (Control Center) dan pengembangan lebih lanjut terkait infrastruktur jaringan Data Center Telkom menggunakan teknologi Software Define Network (SDN) serta membantu dalam percepatan adaptasi teknologi 5G dan digitalisasi di Indonesia dan wilayah ASEAN.

Sejalan dengan arahan Menteri BUMN RI, Telkom sebagai tulang punggung digitalisasi di Indonesia turut berupaya untuk membantu percepatan digitalisasi di dalam negeri hingga ke wilayah ASEAN. Kemitraan antara NeutraDC dan Cisco bertujuan untuk memberikan manfaat layanan IoT dan teknologi Software Define Network (SDN) untuk dapat digunakan oleh masyarakat. Platform IOT control center Cisco akan tersedia pada fasilitas data center NeutraDC yang berlokasi di wilayah Asia Pasifik dengan perkiraan kapasitas 5 juta koneksi. Lebih dari itu, kemitraan ini juga akan memacu lebih banyak pengembangan layanan Internet of Things (IoT) untuk bisnis di seluruh industri service provider di Indonesia termasuk Telkomsel yang telah memberikan layanan digital IoT Control Center untuk pelangan perusahaan nya.

BACA JUGA:   Legenda Juventus Prediksi Pirlo Bakal Dipecat
Keterangan foto:
CEO NeutraDC Andreuw Th A.F. (tengah) berfoto bersama CTO, SP Networking Cisco Michael Beesley (kedua dari kiri) usai penandatanganan MoU dengan Country Director of Service Provider Business Cisco di Indonesia Meygin Agustina (paling kiri) yang disaksikan oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkom Heri Supriadi (kedua dari kanan) dan Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya (paling kanan), pada Senin (12/12).

“Kami telah melihat permintaan yang signifikan untuk layanan IoT dari smart energy, smart building, dan smart city serta consumer electronics. Sebagai pemimpin pasar IoT global, Cisco IoT Control Center adalah platform tata kelola konektivitas IoT yang dipilih oleh lebih dari 14.000 perusahaan di seluruh dunia. IoT Control Center memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk meluncurkan, mengelola, dan memonetisasi layanan IoT mereka, sekaligus memberikan fleksibilitas bagi bisnis untuk meningkatkan layanan IoT mereka di Indonesia/negara ASEAN untuk memenuhi perubahan kebutuhan dan harapan pelanggan. Teknologi SDN, virtualisasi dan otomatisasi jaringan yang akan memainkan peran penting dalam cetak biru strategis penyedia layanan, menciptakan jaringan DC yang mendukung layanan baru dalam operasi yang cepat gesit” ujar Andreuw Th A.F., CEO NeutraDC.

BACA JUGA:   TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Adalah Upaya TNI Untuk Kesejahteraan Rakyat

“Service provider harus dapat menyebarkan layanan berdasarkan kebutuhan bisnis mereka, bukan keterbatasan teknologi mereka. Kemitraan Cisco dengan Telkom akan meningkatkan penciptaan layanan dalam domain IoT dalam pertumbuhan serta pendapatan bisnis di dalam negeri” kata Meygin Agustina, Country Director of Service Provider Business Cisco di Indonesia.

Seiring dengan transformasi menjadi perusahaan digital telco, Telkom serta anak perusahaannya menerapkan strategi bisnis dan operasional perusahaan yang berorientasi pada pelanggan. Menyambut kolaborasi ini, Direktur Wholesale & International Service Telkom, Bogi Witjaksono menyampaikan bahwa, “Telkom dan Cisco akan menciptakan sinergi yang baik melalui kemitraan ini. Penyediaan layanan IoT Control Center yang menggunakan data center NeutraDC serta Teknologi Software Define Network (SDN) akan memberikan efektivitas dalam menjalankan proses bisnis dan memberikan customer experience terbaik bagi pelanggan,” tutup Bogi.

BACA JUGA:   Anak PT Telkom Catat 7 Kali Pertumbuhan Layanan Digital

#DigitalBisa
#UntukIndonesiaLebihBaik