Safari Ramadan Bupati Lingga, Menebar Benih Kebaikan di Bulan Ramadan

Bupati Kabupaten Lingga, M Nizar Menyerahkan bantuan rumah ibadah di Singkep Pesisir

Batamclick.com, Lingga: Bupati Lingga, Muhammad Nizar, S.Sos, memanfaatkan bulan suci Ramadan 1443 H tahun 2022 ini untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakatnya. Setiap hari, melalui program Safari Ramadan, Nizar mengunjungi masyarakat, dari satu daerah ke daerah lainnya di wilayah Kabupaten Lingga. Selain bersilaturahmi, agenda tersebut juga dimanfaatkan Nizar untuk menyampaikan perkembangan Kabupaten Lingga, rencana pembangunan ke depan dan menyalurkan bantuan. Dan tentu tak kalah pentingnya dengan bertemu dengan masyarakat, dia dapat mendengarkan secara langsung masukan maupun kritikan dari masyarakat.

Di awal kegiatan Safari Ramadan, Selasa (5/4/2022) sore, Nizar berkunjung ke Desa Keton yang berada di Kecamatan Lingga Timur. Bersama rombongan, Nizar yang datang bersama Ketua TP PKK Lingga, Asisten III Administrasi Umum Setda Lingga, Siswandi, Staf Ahli Bidang Kesra dan Bidang Kebudayaan, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Lingga, H. Armia, Camat Lingga Timur, Kepala Desa Keton, Wakil Ketua Persatuan Mubaligh Kabupaten Lingga, Kepala Barenlitbang dan beberapa perwakilan OPD, Kabag Kesra, berkunjung ke Masjid Nurul Iman. Kedatangannya pun disambut bahagia oleh masyarakat setempat.

Bupati Lingga M Nizar, memberikan benih ikan pada kelompok budidaya ikan nila

Dalam silaturahmi yang digelar di dalam masjid, jelang berbuka puasa tiba, pada bupati, tokoh masyarakat setempat menjelaskan perkembangan yang ada di daerahnya tersebut. Sementara, Nizar pun menjawab semua pertanyaan dan mencatat masukan-masukan dari masyarakat. Dalam kunjungan tersebut, Nizar juga membagikan paket sembako kepada masyarakat dari Pemkab Lingga, Baznas, serta TP PKK Lingga.

Di hari kedua, Rabu (6/4/2022), Bupati Lingga, Muhammad Nizar didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Lingga, Maratusholiha Nizar beserta rombongan melaksanakan kegiatan Safari Ramadan di Desa Bakong, Kecamatan Singkep Barat. Datang ke tempat tersebut Nizar disambut dengan pencak silat. Sama halnya dari kunjungan sebelumnya, Nizar juga melakukan dialog dengan masyarakat setempat dan membagikan paket sembako bagi warga yang membutuhkan di desa tersebut.

Di hari berikutnya, Kamis (7/4/4/2022, Muhammad Nizar mendampingi Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, SE, MM yang melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lingga dalam rangka Penandatanganan Surat Perjanjian Kerja PTK Non ASN SMAN, SMKN, dan SLBN Lingga dan Penyerahan Bantuan Dana Hibah Pemprov Kepri Kepada Rumah Ibadah di Kabupaten Lingga Tahun Anggaran 2022. Usai melaksanakan kegiatan di siang hari, Nizar bersama Gubernur melaksanakan salat Tarawih di Masjid Jami’ Sultan Daik Lingga. Usai salat, Gubernur dan Bupati bersama jamaah Masjid Sultan serta tokoh agama dan tokoh masyarakat mendengarkan presentasi rencana revitalisasi Masjid Jami’ Sultan Lingga oleh Dinas PUPR Provinsi Kepri.

BACA JUGA:   Jumlah Posko PPKM Batam Sudah Mencapai 2.867
Bupati Lingga, M Nizar mendampingi kunjungan gubernur

Safari Ramadan berlanjut pada Minggu (10/4/2022). Bupati Lingga, Muhammad Nizar, didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Lingga, Maratusholiha Nizar beserta rombongan melaksanakan kegiatan Safari Ramadan di Desa Marok Kecil Kecamatan Singkep Selatan. Kegiatan juga dihadiri oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra, Junaidi, Kadis PUPR, Kadis Perikanan, Sutarman, Camat Singkep Selatan, Kades Marok Kecil, PKK, PDAM, dan BBI (Balai Benih Ikan).

Dalam kesempatan itu, Bupati Nizar, mengungkapkan rencana Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas PUTR yang bakal membangun jembatan di Desa Marok Kecil tahun 2022 ini. Anggarannya sekitar Rp1,5 miliar.

Rencana pembangunan jembatan tersebut merupakan usulan dari masyarakat dan pemerintah desa yang telah disampaikan sejak dulu. Masyarakat berharap jembatan tersebut segera dibangun.

“Untuk di Marok Kecil di 2022 ini ada pembangunan jembatan untuk tahap pertama,” kata Bupati Lingga, Muhammad Nizar meyakinkan masyarakat.

Selain pembangunan jembatan, Nizar juga menyinggung berbagai rencana pembangunan lainnya. Seperti penyambungan pipa air bersih ke rumah-rumah. Dia akan mengupayakan masuk di APBD-P.

Sebelumnya, pada akhir tahun 2021, Bupati Lingga juga telah meresmikan sarana air bersih untuk Marok Kecil dengan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 oleh Dinas PUPR Lingga melalui Kementerian PUPR senilai Rp8,2 miliar. Jaraknya pun cukup jauh, 6 kilometer dari sumber tangki dan 16 kilometer yang harus dipersiapkan sarana pipa untuk sampai ke rumah warga.

“InsyaAllah, mudah-mudahan itu berkisar sekitar Rp200 jutaan lebih, diusahakan masuk di APBD-P. Agar warga bisa menikmati fasilitas air sampai ke rumah,” kata Nizar, terkait anggaran penyambungan pipa sarana air bersih tersebut.

Sementara itu, Nizar juga secara umum juga cukup bangga dengan Kecamatan Singkep Selatan, salah satunya dengan telah beroperasinya sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Kelapa di Desa Resang.

Dengan adanya kerja sama pihak Koperasi Selingsing Jaya Mandiri dengan pemerintah Kabupaten Lingga melalui Disperindagkop, sentra ini telah mengeluarkan hasil produksi yang dijual ke luar negeri. Pelepasan produksi dilakukan pada tanggal 21 dan 25 Maret 2022. Direncanakan pada Mei mendatang akan diadakan penandatangan MoU dengan BUMD, agar dapat diprioritaskan untuk PAD kabupaten Lingga.

BACA JUGA:   Mayat Lelaki Terapung di Batumerah

“Saya bangga kepada Camat dan Kades yang ada di Kecamatan Singkep Selatan. Dan insyaAllah, dalam beberapa hari ke depan akan dilakukan lagi pelepasan 1 ton minyak mentah kelapa dengan harga 1 liter Rp22.000 dengan merk Remala,” puji Nizar.

Begitu juga terkait pembangunan lain, akan terus diupayakan menyusul tahun 2023.

Memberikan bantuan di Kecamatan Singkep Pesisir

“Alhamdulillah, khususnya di Marok Kecil, beberapa pembangunan telah nampak. Semoga itu dapat disyukuri. Mudah-mudahan, dengan rencana pembangunan di tahun 2022 ini, dengan rencana-rencana pembangunan di tahun-tahun depan dipermudahkan dan ibadah puasa yang sedang dijalani dibulan suci Ramadan ini, mendapatkan berkah dan pahala Allah SWT,” ucap Nizar yang diamini oleh warga.

Kepala Desa Marok Kecil, Rusdi mengucapkan terima kasih atas upaya pembangunan yang telah dilakukan pemerintah daerah, terutama terhadap desa yang dia pimpin.

“Masih banyak yang harus dibangun oleh pemerintah daerah, ada 75 desa. Tapi alhamdulilah, Marok Kecil sangat diprioritaskan,” papar dia. Dalam kegiatan tersebut juga dibagikan bantuan paket sembako kepada masyarakat dari Pemkab Lingga, Baznas, serta TP PKK Lingga.

Di hari yang sama, sebelum berbuka puasa, Bupati terlebih dulu berkunjung ke Kelompok Budidaya Nila Pesona yang ada di Desa Marok Kecil. Di sana Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Balai Benih Ikan (BBI), mendistribusikan 3.000 benih ikan nila kepada kelompok budidaya ikan tersebut. Penyerahan dilakukan langsung oleh Bupati Lingga, Muhammad Nizar sekaligus menaburkan benih di tambak bekas galian bauksit tersebut.

Nizar mengatakan, pemerintah daerah sangat mendukung upaya-upaya budidaya, baik budidaya di air tawar maupun ikan laut, udang, kepiting dan sebagainya. Terobosan-terobosan ini justru sangat positif. Mengubah pola tangkap menjadi budidaya akan lebih baik, dalam menunjang sektor ekonomi masyarakat, terutama bagi kelompok-kelompok pembudidaya yang ada di Kabupaten Lingga.

“Bantuan yang telah diberi ini, diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, dirawat, dijaga dengan baik. Dan semoga memberikan hasil yang baik pula,” kata Nizar saat menyaksikan pelepasan bibit nila ke dalam tambak.

Melalui BBI yang berada di Desa Kote, di Kecamatan Singkep Pesisir, Nizar menaruh harapan agar dapat lebih inovatif mengembang komoditi benih ikan, baik di perairan tawar maupun ikan laut yang sangat cocok dan sesuai dengan potensi yang memiliki Kabupaten Lingga.

BACA JUGA:   Anggota Satgas TMMD Ajak Pemuda Pemudi Senam Pagi

Sebab salah satu fungsi dari BBI sebagai UPTD dari Dinas Perikanan Kabupaten Lingga, untuk menghasilkan benih ikan yang unggul, memenuhi kebutuhan benih ikan, sekaligus untuk memajukan kelompok pembudidaya ikan di Kabupaten Lingga.

Apalagi dengan luas laut yang besar, Kabupaten Lingga sangat cocok dalam pengembangan komoditas ikan laut yang mempunyai nilai jual tinggi, seperti kerapu cantik. Salah satunya dengan memberdayakan tenaga yang ada di UPTD.

“Ikan laut juga perlu diperhatikan. Namun demikian, untuk ikan air tawar ini sebagian besar sudah bisa diterima masyarakat kita untuk dikonsumsi,” kata dia.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lingga, Sutarman mengatakan BBI telah menyalurkan bantuan benih ikan nila kepada kelompok budidaya ikan air tawar sebanyak 17.000 bibit nila, terhitung sejak Januari hingga April 2022 kepada 7 kelompok budidaya ikan air tawar.

Kehadiran Bupati Lingga disambut dengan pencak silat.

Menurutnya hingga saat ini permintaan ikan air tawar di Kabupaten Lingga terus meningkat. Tahun 2021 lalu BBI telah mendistribusikan benih ikan kepada kelompok pembudidaya sebanyak 33.500 bibit. Dan di tahun ini diperkirakan lebih banyak benih ikan yang bakal didistribusikan ke pembudidaya.

Kendati demikian, penyediaan benih ikan laut juga menjadi perhatian dari BBI. Menilai potensial kerambah-kerambah juga dominan dikembangkan.

“Seperti harapan bapak Bupati, mudah-mudahan BBI lebih berinovasi mengembangkan komiditi benih, seperti ikan tawar maupun ikan laut sesuai potensi yang ada,” kata dia.

Sebagai bentuk komitmen bersama, dalam pelaksanaan program pembangunan bidang perikanan yang berkelanjutan sejauh ini, keberadaan UPTD BBI yang telah beroperasi sejak tahun 2019 lalu, telah memberikan dampak baik dalam mampu mengatasi ketersedian benih. Harapannya dapat mendorong peningkatan usaha bagi para pelaku kelompok perikanan yang ada.

Dari Singkep Selatan, Selasa (12/4/2022), Bupati Lingga, Muhammad Nizar didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Lingga, Maratusholiha Nizar beserta rombongan melaksanakan kegiatan Safari Ramadan di Masjid Attaqwa, Dusun I RT 03/RW 01, Desa Sedamai, Kecamatan Singkep Pesisir.

Menaburkan bbit ikan nila

Selain bersilaturahmi dengan mayarakat setempat, dalam kegiatan tersebut juga dibagikan bantuan paket sembako kepada masyarakat dari Pemkab Lingga, Baznas, serta TP PKK Lingga, serta pemberian bantuan hibah rumah ibadah/lembaga dari Pemerintah Kabupaten Lingga. Turut hadir Ketua TP PKK, Camat Singkep, Camat Singkep Pesisir, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Kepala Desa serta tokoh agama dan masyarakat setempat.(Advertorial)