Pembukaan TMMD Kodim Cilacap, Dandim Tekankan Kerja Super Team

Cilacap – Kodim 0703/Cilacap bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Cilacap kembali menggelar kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa. TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2023 ini digelar di Desa Panulisan Barat, Kecamatan Dayaeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Rabu (12/7/2023).

Pembukaan ditandai Upacara di lapangan desa setempat. Acara dihadiri Forkopimda Kabupaten Cilacap, OPD jajaran, perwakilan BUMN/BUMD, swasta, jajaran TNI, Forkopimcam Dayaeuhluhur, serta perangkat desa setempat. Asisten Administrasi dan Umum Sekda Cilacap, Sumbowo, bertindak sebagai Inspektur Upacara, mewakili Penjabat Bupati Cilacap.

Ada sejumlah sasaran dalam kegiatan kali ini. Sasaran fisik meliputi pembangunan rabat beton jalan dengan volume panjang 1.068 m selebar 2,5 meter, dengan ketebalan 0,1 meter. Selanjutnya pemasangan paving block dengan seluas 269 m2, pembangunan 1 unit jembatan, dan bedah rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 3 unit.

BACA JUGA:   Diguyur Hujan, Tak Surutkan Tekad Aparat TNI-Polri dan Pelajar, Hormati Jasa Pahlawan di TMP Surengrono

Selain itu ada pula pelaksanaan kegiatan non fisik meliputi cek kesehatan dan pemasangan alat KB gratis, pelatihan budidaya ikan yang baik dan benar, penyuluhan hukum, dan wawasan kebangsaan.

Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Yuliazi, S.E., M.I.P menjelaskan, TMMD dilaksanakan untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan sarana prasarana yang dibutuhkan. Adapun pemilihan wilayah sasaran didasari pengamatan dan laporan masyarakat serta anggota Babinsa.

“Kita bekerja membangun desa bukan dengan Super Man, tapi Super Team. Mulai dari pemerintah daerah, TNI – Polri, termasuk dinas, masyarakat, dan Linmas. Ini adalah sengkuyung, artinya kita bekerja sama dan bergotong royong membangun desa”, papar Dandim.

BACA JUGA:   Anggota Satgas Dan Warga Kompak Mengayak Pasir

Sementara itu Asisten Administrasi dan Umum Sekda Cilacap, Sumbowo mengatakan bahwa Ini sangat bagus dalam rangka meningkatkan nilai kebersamaan dan kegotong – royongan.

“TMMD juga harus kita manfaatkan untuk meneguhkan semangat kebersamaan dan menyajikan karya nyata, kemajuan dan kemaslahatan masyarakat,” terang Sumbowo.

Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Taufik Nurhidayat juga menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan kegiatan TMMD. Sejauh ini TMMD merupakan salah satu kegiatan pembangunan yang benar-benar didasarkan aspirasi masyarakat, dan dirasakan langsung manfaatnya.

“Program ini mesti kita dukung terus. Kalau dari Mabes TNI perintahkan hanya tiga kali setahun, kita lima kalipun siap karena adanya manfaat pembangunan karena ini dari APBD kita juga. Masyarakat terbantu, dan TNI bisa memetakan dan memberi masukan untuk Pemkab Cilacap,” tandasnya.

BACA JUGA:   Semangat Pantang Menyerah Anggota Satgas TMMD Jadi Contoh Bagi Warga Desa Tamansari

(dn/kominfo/Pendim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *