Jam Komandan, Dandim Cilacap Sampaikan Pointer Penekanan KASAD

Cilacap – Menindaklanjuti Penekanan KASAD pada kegiatan Apel Komandan Satuan (Dansat) di Magelang, Komandan Kodim (Dandim) 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P,. M.I.P memberi arahan kepada seluruh anggota yang dilaksanakan secara langsung bertempat di Aula Satya Kartika Kodim dan diikuti secara virtual oleh Satuan Koramil jajaran, Senin (13/03/2023).

Hadir dalam kegiatan Jam Komandan, para Perwira Staf Makodim, Danramil jajaran, Kepala Balak/Disjan Jajaran, para prajurit Bintara, Tamtama dan PNS TNI AD di lingkungan Kodim 0703 Cilacap.

Dalam arahannya Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P.,  M.I.P mengatakan hari ini kita berkumpul dengan seluruh perwira, Bintara, tamtama, PNS dan rekan rekan di seluruh Koramil, Hari ini saya sampaikan perintah dari KASAD selama di Magelang selama 2 hari mulai tanggal 9 sampai 10 Maret 2023. 

BACA JUGA:   TMMD Reg 111 Kodim Pati, Berat Sama Dipikul Ringan Sama Dijinjing yang Dikejakan Anggota Satgas

Dari 43 slide penekanan KASAD, saya sampaikan beberapa pointer yang sifatnya sasaran taktikal dan lapangan. Kepemimpinan taktikal terbaik adalah keteladanan, yang pada dasarnya sudah ada pada 11 Asas Kepemimpinan, yang perlu kita pertajam adalah style kepemimpinannya. 

Kepemimpinan sekarang yang masih kita lakukan adalah kepemimpinan tatap muka sedangkan Kepemimpinan Level Strategis yaitu Pangdam ke atas. Jadi porsi yang kita sampaikan disini sesuai dengan level Satuan Kodim.

“Pada hari ini saya akan menyampaikan evaluasi dan penekanan KASAD, dalam bidang intelijen penekanan KASAD agar mewaspadai perkembangan situasi wilayah terhadap kelompok radikal, diantaranya radikal kanan, radikal kiri dan lainnya,” katanya.

Dari segi keamanan, pengabdian kita sebagai TNI pedomani prinsip reward and punishment apabila anggota kita yang salah harus dibela dan di perbaiki kesalahannya tapi ada punishmentnya.

BACA JUGA:   Satgas TMMD 111 Beri Penyuluhan Karakter Dan Bela Negara ke Masyarakat

Lebih lanjut, Rencana kedepan tiap provinsi ada Kodam Kalaupun Nanti ada 38 kodam, kewenangan postur TNI adalah Kemhan dan penggunanya Mabes TNI pembinanya Angkatan Darat. Jadi hal hal yang Genuin, hard power, soft power, dan smart power karena kita adalah aparat kewilayahan.

Di Bidang personil tidak ada masalah terhitung periode tahun  2021 s.d tahun 2023. Upaya yang dilakukan untuk mencegah adalah kita maksimalkan saat ini adalah menjaga kesehatan, pola hidup dan istirahat yang cukup.

“Kita berdinas ini adalah pilihan hidup makanya harus kita perjuangkan tidak biasa biasa saja, semua itu ada fasenya. Selanjutnya Siaga dan piket merupakan pengganti komandan di luar jam dinas maka pada saat dinas dalam kita tidak boleh meninggalkan tempat. Disaat anda bekerja berdoa menjaga kesehatan anak istri kita menunggu di rumah,” imbuhnya.

BACA JUGA:   Pasca Banjir, TNI Bersama Warga Bersihkan Lumpur Yang Genangi Rumah warga

Slide slide KASAD sudah saya jabarkan, apa yang saya sampaikan program program KASAD tetap terus berjalan, tidak ada kesuksesan tanpa ada keamanan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semuanya, karena kita pemimpin dituntut pertanggungjawaban, maka saya sampaikan apa yang menjadi Penekanan KASAD. Saya tutup Jam Komandan ini dengan rasa bangga dan terima kasih banyak,” tutupnya.

(Oke)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *