Pengamanan Obvitnas, Pangdam IV Kunjungi PT KPI RU IV dan PT S2P Cilacap 

Cilacap – Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto didampingi para Asistennya, mengunjungi Obyek Vital Nasional yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap yaitu PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) IV Cilacap yang berlokasi di Kelurahan Lomanis Kecamatan Cilacap Tengah dan PT S2P di Kelurahan Karangkandri, Kecamatan Kesugihan, Kamis (13/1/22).

Kedatangannya ke PT Kilang Pertamina Internasional RU IV Cilacap disambut Pjs. GM PT KPI RU IV Cilacap Didik Subagyo, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P, Bupati H. Tatto Suwarto Pamuji, Ketua DPRD Taufik Nurhidayat, Perwira TNI yang diperbantukan di PT KPI RU IV Cilacap, serta para manajemen PT KPI RU IV Cilacap.

Dalam kunjungan kerjanya di salah satu obyek vital nasional di Cilacap ini, Pangdam IV Diponegoro menerima paparan dari Manager HSSE Pertamina RU IV Cilacap Hartanto mengenai pengolahan minyak, RU IV Cilacap dan kapasitas kilang, Sarfas Penerimaan bahan baku dan distribusi produk, overview pengamanan RU IV Cilacap, sistem manajemen pengamanan RU IV serta mekanisme patroli area kilang. Serta bentuk kerjasama pengamanan yang melibatkan TNI dari Kodim 0703/Cilacap, Lanal dan Polres Cilacap. 

BACA JUGA:   Darmini, Pensiunan Guru Prihatin Dengan Sistem Pembelajaran Secara Daring

“Yaitu melaksanakan pengamanan, pengawalan dan pengawasan baik yang bersifat rutin maupun insidentil atas permintaan Pertamina, melakukan koordinasi dan pencegahan secara dini bila diketahui akan terjadi gangguan keamanan, melakukan patroli secara bersama guna mencegah timbulnya ancaman dan gangguan, pendampingan proses investigasi pada pelacakan barang bukti, membantu pencegahan potensi terjadinya konflik dari masyarakat, Membantu penangkapan terhadap pelaku tindak kejahatan di Obvitnas dan memberikan data geografi, demografi dan kondisi sosial di lingkungan ring satu,” Papar Hartanto. 

Dimintai sarannya terkait sistem pengamanan di PT KPI RU IV, Pangdam IV Mayjen TNI Rudianto dalam sambutannya mengatakan bahwa PT Pertamina yang ada di Cilacap merupakan yang terbesar di Indonesia. Untuk itu, Pertamina harus memperbarui kontijensi sistem pengamanan secara bertahap karena saat ini teknologi semakin berkembang, salah satunya pesawat nirkabel (Drone).

BACA JUGA:   Lele Goreng Lauk Favorit Satgas TMMD

Kepada seluruh Perwira, Bintara TNI yang bertugas di perbantuan di PT Pertamina, Pangdam IV tegaskan agar keamanan obyek vital nasional menjadi prioritas dan tidak dianggap sebagai rutinitas pengamanan saja.

“Kepada Perwira, Bintara yang bertugas disini, titip, tidak boleh lengah, gak boleh main main, orang yang masuk harus detail di cek, no excuses, tidak ada kompromi, karena itu pertaruhan, terus berjuang lakukan pengamanan,” tegas Pangdam.

Pangdam juga mengucapkan terima kasih kepada manajemen Pertamina yang telah menjalin hubungan baik dengan stakeholder yang ada. Pangdam berharap, agar hal ini terus berlangsung karena menurutnya, tidak ada satu instansi di negara manapun yang berdiri sendiri. TNI, Polri, Pemda, Pertamina dan Stakeholder lainnya, harus bersatu padu. 

Pertamina juga harus bersinergi dengan siapa pun karena dengan itu, gangguan keamanan bisa diminimalisir. Pangdam berharap, Pertamina lebih menyatu dengan masyarakat, CSR ke masyarakat juga diharapkan lebih dalam lagi sehingga masyarakat ikut memiliki dan mereka orang pertama yang akan membela Pertamina jika disentuh siapapun.

BACA JUGA:   Anggota Satgas TMMD Ke-111 Menujukan Bakat Sebagai Tukang Bangunan

“Saya titip kepada Kodim 0703 Cilacap, satukan rakyat dengan Pertamina sehingga Pertamina menjadi bagian milik masyarakat Kabupaten Cilacap. Pertamina adalah milik bangsa yang harus kita pertahankan, kita jaga untuk kedaulatan energi bersama,” Pungkasnya. 

Di Akhir kunjungannya, Pangdam IV Diponegoro menerima Cinderamata dari PT Kilang Pertamina Internasional RU IV Cilacap yang disampaikan langsung oleh Pjs GM. PT KPI RU IV Cilacap Didik Subagyo. Dilanjutkan foto bersama dengan Danrem 071/Wijayakusuma, Manajemen Pertamina, Forkopimda dan Anggota TNI yang ditugaskan di PT Pertamina Cilacap.

(Urip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *