KEK Nongsa Mercusuar Digital Ekonomi Nasional dan Mancanegara

BATAMCLICK.COM: Pemerintah Pusat melalui Menteri Perekonomian Airlangga Hartanto menargetkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa menjadi percontohan dan mercusuar digital ekonomi untuk nasional dan mancanegara. 

Untuk mencapai target tersebut Menko Airlangga didampingi  Gubernur H Ansar Ahmad dan Kepala BP Batam Muhammad Rudi menyerahkan Peraturan Pemerintah (PP) No.68 Tahun 2021 Tentang Kawasan Ekonomi Khusus Nongsa sebagai kepastian hukum untuk melakukan berbagai kegiatan investasi di wilawah KEK Nongsa. 

“Dengan dikeluarkanya kepastian hukum untuk KEK Nongsa, maka pemerintah pusat memberikan target pada KEK Nongsa sebesar 4 miliar dolar Amerika. Berbagai sektor pendukung untuk itu sudah tersedia, selain sudah memenuhi persyaratan green energi, juga ada apple akademi sebagai IT akademi, fasilitas infrastruktur lain  seperti hotel dan resort, animasi center, dan infrastruktur,” jelasnya. 

BACA JUGA:   Kendaraan Motor Roda Tiga Jadi Penolong di Pengecoran Jalan Program TMMD

Sejauh ini, yang sudah konfirmasi langsung untuk investasi US 300 juta.  Prospektif sekitar US1.5 miliar US. Dan target pemerintah pusat  US 4 miliar.  Dengan target 400 megawatt data center. Sehingga KEK Nongsa bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Dan juga bisa membantu pengembangan sektor pariwisata dengan monitoring bagi keamanan wisatawan. 

Menurut Menko Airlangga, KEK Nongsa melengkapi KEK sebelumnya yang telah diberikan untuk Kepri yakni Galang Batang. Selain itu, ada empat KEK lagi yang sedang dalam proses. Dengan demikian, Provinsi Kepri memiliki KEK terbanyak di Indonesia.

BACA JUGA:   Bocah Korban Perampokan di Bintara Bekasi Diperkosa Saat Main TikTok

“Kendati begitu pemerintah pusat bukan  tanpa maksud dan tujuan memberikan KEK tersebut untuk Kepri. Tujuanya tentu untuk menjadikan kembali Kepri sebagau tujuan investasi bagi investor manca negara,” jelas Menko Airlangga. 

Digital ekonomi lanjut Airlangga merupakan satu-satunya kegiatan yang bisa mengakselerasi perekonomian  melonjak bukan secara linier.  Maka itu Presiden Joko Widodo menargetkan pada tahun  2025 digital ekonomi di Indonesia menjadi  US 125  per hari ini baru tercapai 40. 

KEK Nongsa juga diharapkan bisa menjadi jembatan bagi Indonesia menuju digital ekonomi dunia. Indonesia mempunyai palapa ring yang terkoneksi ke KEK Nongsa dan digital ekonomi seluruh Indonesia dan ke mancanegara. 

BACA JUGA:   WAK LANCA MAN LANCA (KOLOM BURALIMAR)

Gubernur H Ansar Ahmad menyambut penuh semangat kepastian hukum berinvestasi di KEK Nongsa. Dengan begitu, target pertumbuhan ekonomi sebesar 3,5 persen di akhir Tahun 2021 ini bisa tercapai. PP ini untuk mendorong target pertumbuhan ekonomi di kawasan BBK (Batam, Bintan, Karimun).(rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *