Sentolo Kawat Kelurahan Cilacap, Dicanangkan Kampung Pancasila

Cilacap – Setelah Desa Pasuruan, Kecamatan Binangun dan Desa Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi, pencanangan Kampung Pancasila terus dilanjutkan oleh Forkopimcam di wilayah Kabupaten Cilacap. Seperti halnya yang dilaksanakan di Kecamatan Cilacap Selatan, pencanangan Kampung Pancasila diresmikan Danramil 01/Cilacap Kapten CPM Agus Santoso Koramil 01/Cilacap di RW 01 Sentolo Kawat Kelurahan Cilacap, Kamis (12/5/22).

Hadir dalam acara tersebut Forkompimcam Kecamatan Cilacap Selatan antara lain Camat Bintang Dwi Cahyono, AP. MM, Danramil 01/Cilacap Kapten Cpm Agus Santoso, Kapolsek Cilacap Selatan AKP Santoso, Sekcam Cilacap Selatan Kukuh Setiaji, SIP, Lurah Kelurahan Cilacap Jamil, Babinsa Koramil 01/Cilacap, Babin Potmar Sertu Waris dari Lanal Cilacap, Tokoh antar umat beragama, Tomas, Toda dan Masyarakat RW 01 Sentolo Kawat Kelurahan Cilacap dan anggota Mitra Bina Wijaya, mitra dari Babinsa Koramil 01/Cilacap.

BACA JUGA:   Pramuka Saka Wira Kartika Ikut andil di TMMD ke 111

Dalam sambutannya, Danramil 01/Cilacap Kapten CPM Agus Santoso mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan berkontribusi atas terwujudnya Kampung Pancasila ini dengan harapan semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita dalam membangun kesadaran berbangsa dan bernegara. Danramil juga menjelaskan tujuan utama dicanangkannya Kampung Pancasila.

“Tujuan utama dibentuknya kampung Pancasila dengan harapan dan tekad yang kuat untuk memantapkan solidaritas antar umat beragama. Tidak hanya itu saja, terdapat berbagai tujuan lainnya yaitu memantapkan kerukunan masyarakat atas keberagaman yang ada, menjadi tempat pembelajaran nilai-nilai luhur Pancasila bagi masyarakat dan menanamkan pemahaman kepada para seluruh warga agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan serta untuk mengimplementasikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila didalam kehidupan sehari-hari,” Jelas Danramil.

Dengan adanya Kampung Pancasila diharapkan dapat bermanfaat bagi kita semua, karena Pancasila merupakan pemersatu bangsa, dengan keanekaragaman tapi kita bisa memaknai dari nilai-nilai Pancasila dengan saling toleransi, gotong-royong, guyub dan rukun. Selain itu, juga merupakan salah satu Pilar Kebangsaan Indonesia.

BACA JUGA:   Sekdes Tamansari Menyambut Kunjungan Dandim 0718/Pati

“Empat pilar ini adalah satu kesatuan dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur serta harus ditanamkan dalam pikiran dan perbuatan kita sehari-hari untuk mencintai tanah air Indonesia dan menjaga keutuhan NKRI,” Tandasnya.

Terkait pencanangan Kampung Pancasila, Camat Cilacap Selatan Bintang Dwi Cahyono, AP. MM, juga turut bicara. Dia mengucapkan banyak terimakasih kepada TNI khususnya dari Koramil 01 Kodim 0703/Cilacap atas pencanangan Kampung Pancasila di salah satu wilayahnya.

“Ini adalah kegiatan yang sangat luar biasa dan salah satu kehormatan bagi saya karena baru ada kegiatan pencanangan Kampung Pancasila. Pancasila jangan sampai hilang dan jangan sampai luntur, saya berpesan seluruh elemen masyarakat agar lebih mengenal lagi Pancasila dan butir-butirnya. Pancasila sebagai lambang Negara harus kita jaga bersama, apalagi anak sekolah sekarang tidak ada lagi pelajaran PMP dan sudah di ganti dengan PKN. Mari terapkan nilai-nilai Pancasila didalam kehidupan sehari-hari,” Ucapnya.

BACA JUGA:   Anggota Satgas TMMD Bantu Warga Angkat Penutup Beton Saluran Air

Saya sangat mendukung dengan adanya pencanangan Kampung Pancasila ini, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita dalam membangun kesadaran berbangsa dan bernegara dan serta dapat memberikan pemahaman bagi generasi muda jaman sekarang,” Pungkas Bintang Dwi Cahyono.

Pencanangan Kampung Pancasila ditandai dengan  pemukulan gong oleh Camat Cilacap Selatan didampingi unsur Forkompimcam lainnya dan para tokoh antar umat beragama di wilayah Kecamatan Cilacap Selatan.

(PendimClp)