Peresmian Jembatan Sungai Cireuy Dusun Citulang Desa Kutabima

Cilacap – Pasca bencana tanah longsor dan banjir bandang melanda Dusun Citulang pada 30 Maret 2022, yang mengakibatkan beberapa rumah tertimbun tanah dan jembatan Cireuy terbawa banjir bandang, Pj Bupati Cilacap dan Forkopimda meninjau kembali pembangunan dan meresmikan Jembatan Cireuy di Dusun Citulang Desa Kutabima Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap, Kamis (12/1/23)

Tampak hadir  Pj. Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar, SKM.,M.Sc.,M.Si., Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nur Hidayat, Danlanal Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, S.Sos., Kalaksa BPBD Kabupaten Cilacap, Drs. Wijonardi, Ketua Pengadilan Agama Cilacap, M. Ilham, M.H., Kapolresta Cilacap yang diwakili Kompol Arif Budi Haryono, Dandim 0703/Cilacap yang diwakili Peltu Endra Gunawan, Kasatpol PP Kabupaten Cilacap Luhur Satrio Muchsin, S.STP. M.Si., Forkopimcam Kecamatan Cimanggu, tamu undangan serta warga masyarakat Dusun Citulang.

BACA JUGA:   Ketua Persit KCK Cab XVIII Dim Cilacap Terima Jabatan Ketua Ranting 18

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Cilacap mengajak kita untuk sejenak merenung, menghayati dan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat untuk menghadiri acara “Peresmian Jembatan Sungai Cireuy Dusun Citulang Desa Kutabima Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap.

“Kalau kita lihat di negara-negara maju, sungai itu dijadikan tempat wisata, jadi kalau rumah sebenarnya menghadap ke sungai bukan membelakangi sungai, jadi jangan sampai sungai dijadikan tempat membuang sampah ya, dan apabila di bantaran sungai sudah ada pepohonan jangan ditebangi, biarkan saja untuk penyangga,”ujarnya.

BACA JUGA:   Perlu Ada Pembagian Tugas Yang Jelas Dalam Melaksanakan Suatu Pekerjaan Dengan Sekala Besar

“Saya berpesan, bahwasanya pemerintah pusat sudah membantu kita untuk membangun jembatan yang bagus, dimanfaatkan dengan baik, apalagi daerah disini rawan bencana, jadi bapak dan ibu harus betul-betul memahami dan mewaspadai apabila ada tanda-tanda bencana,”ungkapnya.

Selain meresmikan Jembatan Cireuy, Pj. Bupati Cilacap juga menyoroti masalah Stunting, Dia berpesan kepada Kepala Desa untuk memperhatikan perkembangan Balita di Posyandu, agar terpantau perkembangannya.

“Waspadai gizi buruk dan gangguan-gangguan kesehatan lain seperti streaming penyakit tidak menular seperti hipertensi, gula dan lain-lain. Itu saja yang dapat kami sampaikan, semoga berkah dan bermanfaat untuk kita semua,”ujarnya.

BACA JUGA:   Dengan Solidnya Kerjasama Tim Jurnalis Mendkung Suksesnya Program TMMD

Peltu Endra Gunawan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Forkopimda yang telah hadir meninjau dan meresmikan Jembatan Cireuy.

“Ini menjadi momentum yang sangat baik untuk membangkitkan semangat dan mengobati trauma warga, khususnya Dusun Citulang yang tertimpa musibah bencana alam, mereka sadar bahwa mereka tidak sendiri, mereka masih punya pemerintah yang peduli terhadap warganya, kami Forkopimcam Kecamatan Cimanggu berharap dengan adanya kegiatan ini menjadikan semangat membangun desa lebih baik dan tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya Bencal di seluruh wilayah Kecamatan Cimanggu,”ujarnya.

(R14)