Serbuan Teritorial, Mabes TNI Sasar Warga Nusakambangan dan Kampung Laut

Cilacap – Markas Besar (Mabes) TNI melalui Staf Teritorial Mabes TNI melaksanakan kegiatan Serbuan Teritorial Perbatasan wilayah Nasional dengan sasaran warga Pulau Nusakambangan dan pulau sekitarnya (Kawasan Kampung Laut) wilayah Kodim 0703 Cilacap. Dalam Serbuan Teritorial Perbatasan Tahun 2022 Mabes TNI memberikan sejumlah bantuan Paket Sembako kepada warga di wilayah tersebut.

Adapun pemberian bantuan paket sembako dilaksanakan secara simbolis oleh Tim Ster TNI yang dipimpin oleh Pabandya-2/Binpottaswilnas Paban VI/Taswilnas Ster TNI Letkol lnf Zaenal Mustofa, SE., M.Si di Aula Satya Kartika Kodim 0703 Cilacap, dan pelepasan Tim penyaluran bantuan sembako bertempat di halaman Makodim 0703 Cilacap, Jln. Jenderal Sudirman, No.D-1 Cilacap, Kamis (10/11/2022).

Hadir dalam kegiatan, Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.l.P, Pasminlog Lanal Cilacap Kapten Laut (S) Syamsul, Kasatbinmas Polres Cilacap AKP. Setyo Nugroho, para Perwira Staf dan Danramil jajaran Kodim 0703/Cilacap, perwakilan Dinsos Cilacap, Camat Kampung Laut beserta perwakilan Kades Ujung gagak, Ujung alang, Panikel dan Klaces, Perwakilan penerimaan Bansos dan tamu undangan lainnya.

BACA JUGA:   Kades Batulawang Tinjau Rutilahu TMMD

Dalam kesempatan itu, Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi , S.I.P mengatakan bertepatan dengan hari pahlawan 10 November Mabes TNI telah memberikan bantuan sosial kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan Serbuan Teritorial Perbatasan Wilayah Nasional di wilayah Kodim 0703 Cilacap.

“Perlu kami sampaikan pada pelaksanaan kegiatan ini, bahwa dari periode September hingga November anomali cuaca yang sangat ekstrim, setiap tahun wilayah kita terkena banjir dan tanah longsor, di Kabupaten Cilacap kami bahu membahu antara Lanal, Kodim, Polres dan Pemda dalam mengatasi bencana alam ini,” katanya.

BACA JUGA:   Ratusan Bendera Merah Putih Meriahkan Pembukaan TMMD Reg 111

Dengan adanya Serbuan Teritorial Perbatasan dari Mabes TNI tentunya sangat tepat dihadapkan situasi saat ini dimana warga masih bergelut dengan ancaman bencana alam, khususnya wilayah Nusakambangan dan Kampung Laut yang rawan terdampak Banjir.

“Semoga kegiatan ini sedikit banyak dapat membantu meringankan beban masyarakat. Kami dari Kodim 0703 Cilacap menyampaikan terima kasih atas perhatian dari Mabes TNI kepada warga kami,” harap Dandim.

Dalam sambutan Aster panglima TNI yang dibacakan oleh  Letkol lnf. Zaenal Mustofa, SE., M.Si mengatakan kegiatan Serbuan Teritorial Perbatasan Wilayah Nasional tahun 2022 dilaksanakan di Pulau Nusakambangan wilayah Kodim 0703/Cilacap, Korem 071/Wijayakusuma, Kodam lV/Diponegoro.

BACA JUGA:   Hilangkan Penat Disela Pekerjaan, Serka Sunarto Bermain Layang-Layang Dengan Anak Desa Tamansari

“Disini saya mewakili Mabes TNI terkait kegiatan di wilayah Kodim 0703/Cilacap, terkhusus pulau Nusakambangan adalah pulau terluar di Jateng. Apresiasi saya ucapan kepada Pemda dan Kodam lV/Diponegoro dalam hali ini Kodim 0703/Cilacap beserta jajarannya yang membantu kegiatan bisa berjalan lancar,” katanya.

Lebih lanjut, Wilayah perbatasan mempunyai nilai strategis yang mempunyai nilai kerawanan, konflik politik yang mempunyai dampak yang luas pada umumnya lndonesia khususnya pulau terluar kehadiran Negara suatu keharusan TNI dan Polri harus hadir.

“Bantuan sosial paket sembako untuk membantu rakyat dan kemanunggalan rakyat khususnya di Nusakambangan sekalipun terbatas bantuannya, tetapi bisa meringankan beban kepada masyarakat,” pungkasnya.

Oke