Lantik Kepala Desa, Bupati Ingatkan Kesejahteraan Masyarakat

BATAMCLICK.COM: Bupati Karimun Aunur Rafiq melantik 5 Kepala Desa (Kades) terpilih, dari Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) periode tahun 2022-2027, Senin (8/7/2022).

Adapun 5 kades yang dilantik di Gedung Nasional Karimun ini diantaranya , Sanuri sebagai Kades Pangke, Kazman sebagai Kades Tulang, Ruzli sebagai Kades Selat Mendaun, Ramli sebagai Kades Tanjungbatu Kecil dan Jamal Kades Antar Waktu Desa Pongkar.

Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam sambutannya merasa bersyukur pelaksanaan Pilkades tahun 2022 dapat berjalan dengan baik.

Alhamdulillah, selama proses Pilkades tahun ini berjalan dengan baik dan kondusif. Bagi Kades yang sudah dilantik selamat menjalankan tugas untuk memajukan desanya, ujar Bupati Rafiq, Senin (13/12/2021).

BACA JUGA:   BTS Butter Jadi Lagu Tercepat Raih 100 Juta Stream di Spotify

Orang nomor satu di Karimun ini kemudian menyampaikan sejumlah pesan khusus kepada para kades yang baru dilantik tersebut.

Dimana, Bupati meminta agar Kepala Desa selama menjalankan tugasnya bisa bekerjasama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan masyarakatnya dengan baik.

Harus bekerjasama dengan baik seperti dalam menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) bersama BPD dan masyarakat, bagaimana bisa sejalan untuk pembangunan desa yang lebih baik, ujar Bupati Rafiq.

Bupati Rafiq juga meminta dengan tegas agar Kades bisa menghilangkan euforia kemenangan atas nama suatu kelompok.

BACA JUGA:   Polresta Barelang Gelar Vaksinasi Serentak Dalam Rangka Hut Bhayangkara Ke-75

“Tidak ada kelompok-kelompok, usai dilantik Kades adalah milik semua masyarakat desa. Untuk itu Kades harus mampu merangkul semuanya, kata Bupati Rafiq.

Bupati juga meminta agar Kades bisa inovatif, kreatif dan transparansi selama menjalankan tugasnya.

Untuk memjukan desa dan mensejahterakan masyarakat, Kades harus bisa membuat terobosan, jangan persulit masyarakat dan sejahterakan mereka tutur Rafiq.

Kemudian Bupati meminta Kades untuk mampu menggunakan Dana Desa dan alokasi Dana Desa dari APBD Karimun dengan sebaik-baiknya.

Ia mengingatkan agar tiap Kades harus mampu memahami aturan-aturan yang berlaku mengenai penggunaan dana tersebut agar terhindar dari jeratan pidana.

BACA JUGA:   Wakil Walikota Batam Risau, Sepekan Diisolasi tak Bisa Merokok

Soal Dana Desa sudah ada aturan mainnya, Kades harus memahami dan mempelajari itu. Pemerintah daerah dan aparat penegak hukum akan terus memberikan pendampingan agar penggunaan dana desa bisa tepat sasaran, jelas Rafiq.

Pemerintah desa merupakan ujung tombak dalam pelayanan masyarakat. Untuk itu pemerintah desa yang baik diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam memajukan masyarakat.(adv/tim)