PT Karimun Anugrah Sejati Dipercaya Buat Kapal Korvet Rudal Heli VVIP dan Kepresidenan

Batamclick.com, Batam – PT Karimun Anugrah Sejati (KAS) mendapat kepercayaan dari pemerintah, khususnya Angkatan Laut (AL) untuk membuat Kapal Korvet Rudal Heli (KRH) VVIP dan Kepresidenan.

Kapal yang rencananya akan diberi nama KRI Bung Karno ini, didesain khusus untuk menggantikan kapal kepresidenan sebelumnya, yakni KRI Barakuda karena kondisinya sudah tidak memadai akibat termakan usia.

Pembuatan KRI ini diawali dengan pelaksanaan First Steel Cutting (Pemotongan Pelat Baja Pertama) dan Keel Laying (Peletakan Lunas)
oleh Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut (Aslog Kasal), Laksamana Muda TNI Puguh Santoso, SE, MM di galangan Kapal PT KAS di Tanjung Uncang, Kamis (9/6/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Waasrena Kasal, Kadismatal, Danlantamal IV, Danlanal Batam, Direktur PT KAS dan jajarannya.

BACA JUGA:   Rio Coctail Dengan Rasa Sari Buah Telah Hadir di Batam

Dalam sambutanya, Aslog KASAL mengatakan bahwa pembangunan KRI Bung Karno ini merupakan komponen penting bagi kemampuan Angkatan
Laut pada masa mendatang, dan akan digunakan dalam menjaga kedaulatan dan keamanan, serta menjamin kepentingan nasional.

“Tidak hanya untuk membangun kemapuan kapal KRH VVIP dan Kepresidenan, namun langkah nyata dalam mewujudkan kemandirian bangsa
dalam membangun Alutsista,” ungkap Aslog KASAL.

Karena pentingnya proyek pembuatan Kapal KRH VVIP dan Kepresidenan ini, Aslog KASAL mengingatkan agar personil pengawas dalam proyek ini agar melakukan pengawasan secara teliti, sehingga pelaksanaan pembuatan kapal tersebut sesuai dengan waktu dan spesifikasi.

Terakhir, Aslog KASAL meminta semua pihak yang terlibat agar bersama-sama mensukseskan proyek tersebut dan mencapai sasaran sesuai dengan waktu yang sudah direncakan.

BACA JUGA:   Guru Divaksin Covid-19, Berharap Kelancaran Belajar di Kelas

Ditempat yang sama, Komisaris PT KAS, Franky Sucipto dalam sambutanya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan, dan dia berjanji akan mengerahkan segenap kemampuan yang dimiliki untuk menyelesaikan pembuatan kapal tersebut sesuai waktu dan
spesiafikasi yang sudah ditentukan.

” Kegiatan FSC dan KL merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka awal dimulainya kegiatan fisik pembangunan kapal (fabrikasi) sebagai kelanjutan dari kegiatan desain, yang dalam kegiatannya akan dilanjutkan dengan Keel Laying (Peletakan Lunas). Keel Laying adalah kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka peletakan lunas atau pondasi struktur kapal,” terang Franky.

Pelaksanaan Keel Laying
merupakan awal dimulainya pekerjaan konstruksi kapal yang ditandai pengelasan pada haluan kapal (sebelumnya dapat dilaksanakan peletakan material lainnya di bawah lunas kapai tersebut). Dan bagi pihak galangan, Keel Laying merupakan awal perhitungan usia kapal.

BACA JUGA:   Kapolres Imbau Masyarakat Karimun Tetap Disiplin Terapkan Prokes dengan 5M

“Menjadi komitmen kami (PT KAS) untuk mewujudkan pembangunan kapal ini sesuai dengan kontrak yang sudah disepakati, tepat waktu, tepat guna dan sesui spesiafikasi,” tegas Franky.

Sementara itu, Project Manager Kapal KRH , Guntur Ristiyono menjelaskan Kapal ini berukuran panjang 73 mtr dan lebar 12 mtr.

” Di lengkapi fasilitas akomodasi VVIP anti peluru, pendaratan helideck dengan heli VVIP type panther. dan rencana akan di pasang main gun /meriam 40mm , auxiliary gun 20mm dan juga rudal SAM,” tutup Guntur.