Pemulangan Migran Indonesia

BATAMCLICK.COM, Pekerja Migran Indonesia (PMI) sejak beberapa hari berlalu mulai memadati jalur-jalur transportasi baik darat, laut maupun udara. Mereka datang dari negara tetangga berduyun-duyun untuk pulang ke kampung halaman masing-masing. Ribuan Warga Negara Indonesia (WNI) sebagai tenaga kerja di negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia, kembali masuk ke Indonesia untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442 H di kampung halaman masing-masing.


Arus mudik pemburu Dollar sebenarnya bukan hal aneh, hal ini selalu terjadi dari tahun ke tahun terutama saat menjelang Lebaran Idul Fitri, ungkap salah satu petugas di pelabuhan Sekupang.
Namun saat ini menjadi berbeda karena adanya pandemi Covid-19 melanda di berbagai negara serta adanya larangan pemerintah tentang adanya Mudik Lebaran tahun 2021 kali ini.
Kebijakan Pemerintah tentang pelarangan Mudik Lebaran tahun 2021 kali ini dipertegas dengan keluarnya Surat Edaran Satgas Covid-19 No. 13 tahun 2021 dengan berbagai aturan seperti melampirkan Surat Tugas dari pejabat setingkat Eselon II, dilengkapi tanda tangan basah dan cap basah untuk pegawai BUMN, BUMN dan TNI-Polri.
Untuk Pegawai Swasta juga diwajibkan melampirkan Surat Tugas dari pimpinan perusahaan dan Surat Izin tertulis dari Kepala Desa/Lurah dengan tanda tangan dan cap basah serta diwajibkan menyertakan Surat Hasil Keterangan Negatif Covid-19 (RT PCR / Rapid Antigen / GeNose 19)
Menurut Dalanud Hang Nadim Letkol Pnb Iwan Setiawan, S.A.P, penerapan Protokol Kesehatan merupakan hal yang wajib untuk dilaksanakan.Hampir 70% kekuatan Lanud Hang Nadim terlibat dalam Satgas Covid-19, pengamanan Di RSKI Galang, Pam Isolasi Rusun BP Batam danberbagai Pelabuhan di wilayah Batam, pengamanan jalur-jalur mudik di semua moda watransportasi (10/05/21).

BACA JUGA:   Sejak 2017, Sebanyak 67.602 Bidang Tanah di Batam Telah Disertifikatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *