Karimun Kembali Dapat Vaksin Moderna 50 Vial

BATAMCLICK.COM, Kabupaten Karimun kembali mendapatkan vaksin jenis Moderna. Vaksin jenis ini merupakan salah satu booster yang pernah diterima pemerintah kabupaten dari Provinsi Kepri beberapa bulan lalu.

”Dua hari lalu kita baru saja mendapatkan kiriman vaksin jenis Moderna. Dan hal ini merupakan pengiriman yang kedua untuk Kabupaten Karimun untuk jenis yang sama. Jumlahnya sebanyak 50 vial. Yang berarti bisa digunakan untuk 700 orang. Karena, satu vial bisa digunakan untuk 14 orang,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi, Rabu (8/12).

Peruntukan vaksin merek Moderna ini, lanjut Rachmadi, sesuai dengan surat diterima pihaknya diutamakan sebagai vaksin booster atau dosis ketiga bagi tenaga kesehatan dan pelayan publik yang belum menerimanya. Setelah itu, baru untuk masyarakat umum yang belum sama sekali menerima vaksin. Dengan kata lain, sebagai vaksin dosis satu.

BACA JUGA:   1 Anggota DPRD Karimun Positif Covid-19

”Kalau dilihat dari data, tenaga kesehatan dan pelayanan publik yang belum menerima vaksin dosis ketiga sudah tidak banyak lagi. Hanya saja, dalam pelaksanaan vaksinasi, baik untuk dosis ketiga atau dosis pertama, agar vaksin tidak rusak maka minimal harus ada 14 orang. Sehingga, ketika dibuka satu vial langsung bisa digunakan semuanya satu vial tersebut,” jelasnya.

Menyinggung tentang PPKM di Kabupaten Karimun, Rachmadi menyebutkan, saat ini PPKM sudah kembali dirubah ke level satu. ”Memang, saya sendiri tidak dapat memastikan apa yang menyebabkan daerah kita sempat masuk PPKM level dua. Padahal, terkait satu orang yang masih positif bukan menjadi ukuran. Termasuk tracing kontak erat dengan satu orang tersebut sudah kita laksanakan dan laporkan menggunakan aplikasi yang berbasis di pusat,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Polres Karimun Kerahkan Personel Kawal Vaksin Covid-19 Tahap II

Sumber: BATAMPOS