Kesenian Kuda Lumping ”Turonggo Kemuning Sari” Ramaikan Penutupan TMMD di Bulaksari

Cilacap – Kesenian Tradisional Kuda Lumping ”Turonggo Kemuning Sari” dibawah pimpinan Tursino dari Dusun Jakatawa, Desa Bulaksari, Kecamatan Bantarsari tampil menghibur masyarakat, prajurit dan tamu undangan dalam acara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 115 Kodim 0703/Cilacap di Lapangan Sidomuncul Desa Bulaksari Kecamatan Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Rabu (09/11/2022).

Turonggo Kemuning Sari tampil menghibur masyarakat serta prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TMMD Ke 115 Kodim 0703/Cilacap. Tarian Baladewa yang dibawakan langsung oleh Tursino sebagai pembukaan, memukau dan berhasil menyirep para tamu undangan yang hadir.

Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P.  selaku Dansatgas TMMD Reguler Ke 115 mengemukakan, bahwa dirinya sengaja menghadirkan dan menampilkan hiburan seni Kuda Lumping ”Turonggo Kemuning Sari” di hadapan seluruh tamu undangan dan prajurit TNI mengingat Desa Bulaksari yang menjadi lokasi sasaran TMMD memiliki potensi seni yang tidak kalah dengan daerah lain.

BACA JUGA:   Tinjau Serbuan Vaksinasi di S2P, Ini Penjelasan Dandim Cilacap

“Kesenian Tradisional Kuda Lumping Turonggo Kemuning Sari merupakan kesenian tradisional yang dimiliki oleh Desa Bulaksari khususnya Dusun Jakatawa dimana seluruh pemain atau senimannya adalah masyarakat setempat. Ini potensi, maka sengaja saya hadirkan kepada seluruh tamu undangan dalam upacara penutupan TMMD Ke 115 ini,” Terangnya.

Selain kesenian Kuda Lumping, ikut memeriahkan jalannya penutupan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa di Bulaksari ini adalah Panggung Hiburan Dangdut PWR Entertainment tampil sebagai pamungkas pada acara penutupan TMMD Reguler ke-115 Kodim 0703/Cilacap.

(Urip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *