Penampilannya Dianggap Menyinggung Budaya Melayu, Keanu Agl Minta Maaf

BATAMCLICK.COM: Keanu Agl akhirnya meminta maaf atas penampilannya yang dianggap menyinggung budaya Melayu. Insiden itu terjadi saat selebgram ini diundang dalam grand opening ritel makanan di kawasan Pekanbaru, 3 April 2021.

Keanu yang memakai tanjak Melayu dan memadupadankan dengan kaos dan celana seksi, tidak tahu menahu kalau busananya itu dianggap merendahkan budaya Melayu.

“Assalamualaikum, saya Keanu memohon maaf atas ketidaktahuan saya menggunakan tanjak dengan busana yang tidak sesuai dengan alur patut dan pantas saat acara grand opening Nadira Napoleon.” kata Keanu dalam video yang dikutip dari @nenk_update, Jumat (9/4/2021).

Selebgram 22 tahun ini juga tidak mendapat informasi mengenai aturan pemakaian tanjak Melayu dari pihak penyelenggara.

BACA JUGA:   Vicky Prasetyo dan Kalina Oktarani Sah Jadi Suami Istri

“Penyelenggara juga tidak mengingatkan saya tentang kekeliruan yang terjadi pada saya,” tutur artis bernama lain Keanu Angelo ini.

Keterlibatannya dalam acara tersebut hanya sebagai promotor dari produk yang dijual. Termasuk penutup kepala yang juga digunakan Keanu saat itu.

“Saya hanya menjalankan tugas saya sebagai tamu untuk mempromosikan produk yang diperjualbelikan di toko tersebut, yang mana salah satunya adalah tanjak kreasi yang saya kenakan,” jelasnya.

Meski tak mendapat informasi soal penggunaan tanjak Melayu dan akhirnya menuai kecaman, Keanu Agl tetap mengucapkan permintaan maafnya.

BACA JUGA:   Janinnya Disebut Anak Setingan, Kalina Oktarani Ngamuk

“Dari hati saya yang terdalam, secara tulus saya ingin meminta maaf kepada seluruh masyarakat Melayu, khususnya Riau dan Pekanbaru,” kata pemilik nama asli Muhammad Miftahul Huda ini.

Melalui video tersebut pula, Keanu Agl mengajak masyarakat ikut mempelajari budaya Indonesia lebih dalam. Sehingga kesalahan yang dilakukan sang selebgram tak terjadi pada orang lain.

“Saya sekarang mau mengajak teman-teman untuk lebih memperhatikan adat, budaya, dimanapun kita berada,” ucapnya.

Menutup video tersebut, selebgram yang akrab dengan Nagita Slavina ini sekali lagi meminta maaf atas sikapnya.

“Di mana bumi dipijak, disitu langit dijunjung, tak ada gading yang tak retak, tak ada sungai yang tak bersampah, tak ada jalan yang berkelok. Sekali lagi saya mohon maaf,” kata Keanu.

BACA JUGA:   Tips Diet Ivan Gunawan Sukses Turunkan Berat Badan 25 Kg Dalam 2 Bulan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, protes terhadap Keanu terjadi saat sang selebgram mengenakan tanjak Melayu yang diselaraskan dengan kaos dan celana pendek.

“Tanjak ini dianggap sebagai simbol seorang laki-laki Melayu. Artinya, sang pemakai harus menjaga nilai budaya Melayu,” tulis seorang pengguna Instagram bernama @dolly.sandavid.

“Sementara celana pendek serta kaos bukanlah bagian yang mencerminkan budaya Melayu. Sehingga menjadi persepsi Keanu sedang tidak menghargai budaya Melayu,” imbuhnya. (syt)

sumber:suaracom