Tanggapi Surat Terbuka Sineas, Sandiaga Tawarkan Solusi Termasuk Vaksin

BATAMCLICK.COM, Industri film tiarap kendati bioskop telah dibuka dengan protokol kesehatan saat pandemi virus Corona. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjanjikan vaksin dan sejumlah langkah untuk menggairahkan lagi.

Para sineas dan pelaku industri film meminta pemerintah turun tangan untuk mencari solusi di tengah pandemi. Mereka menyampaikannya melalui surat terbuka kepada Presiden RI Joko Widodo.

Surat terbuka kepada Presiden Jokowi itu diunggah secara serentak oleh sineas di akun media sosial pada Jumat, 5 Maret 2021.

Sandiaga Uno menyebut telah menemui perwakilan para sineas. Saat ini, langkah-langkah untuk menyelamatkan industri film sedang dimatangkan.

BACA JUGA:   Generasi Emas Belgia Sudah Berakhir

“Saya mendukung gerakan itu. Sebelum surat terbuka itu di-posting, mereka menyampaikan kondisi saat ini di gedung Kemenparekraf. Kami tampung semua masukan,” kata Sandiaga kepada detikTravel.

“Pembahasan soal ini memasuki tahap akhir. Harapan saya minggu depan bisa kita tingkatkan ke tahap final,” Sandi menambahkan.

Sandi menyebut setidaknya ada lima langkah untuk membangkitkan lagi industri perfilman saat pandemi Covid-19.

“Pertama, kami akan menghidupkan gerakan kembali ke bioskop dengan CHSE, Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment (ramah lingkungan). Kemudian yang kedua, kami akan melakukan penyelamatan ekonomi nasional dengan produksi dan subsidi bioskop, ketiga pengurangan pajak hiburan,” ujar Sandi.

BACA JUGA:   Dinas Kominfo Sediakan Layanan Streaming STQ VII Tingkat Kota Batam

“Yang keempat, pembajakan film ini harus dihentikan. Sebab, pembajakan ini sangat merugikan, setidaknya Rp 15 triliun yang hilang,” dia menjelaskan.

“Yang kelima, kami siapkan tahapan vaksinasi selanjutnya untuk para sineas,” ujar Sandi.

Mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu meminta asosiasi yang ada di industri film segera melakukan pendataan anggota untuk divaksinasi.

“Tolong segera dikumpulkan kepada Bapak Muhammad Neil, Deputi 7 Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, yang sudah saya perintahkan untuk mengumpulkan data-data dari para pelaku Ekonomi Kreatif dan Pariwisata yang akan kita siapkan untuk tahap vaksinasi tahap selanjutnya,” kata Sandiaga Uno. (mat)

BACA JUGA:   Balap Sepeda Tour de Batam Daya Tarik Baru Pariwisata Batam, Partisipan Lebih dari 38 Negara

sumber: detikcom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *