Meriahkan HUT Ke 78 TNI, Kodim Cilacap Gelar Wayang Kulit Lakon Bimo Krido

Cilacap – Kodim 0703/Cilacap menyelenggarakan pagelaran wayang kulit dalam rangka puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI yang dirayakan dengan megah melalui pagelaran wayang kulit serentak di 78 titik. Salah satu lokasi pelaksanaan acara ini adalah di Alun-alun Kabupaten Cilacap, dengan penampilan dua dalang kondang asal Cilacap, yakni Ki Mongko Daryono dan Ki Guntur Riyanto, Jumat (6/10/2023).

Turut hadir dalam acara ini jajaran Forkopimda Kabupaten Cilacap, di antaranya Danlanal Cilacap Kolonel Laut (P) Bambang Subeno, M.Tr. Hanla., M.Si., Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Yuliazi, S.E., M.I.P. Penjabat Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar, SKM, M.Sc, M.Si., Kapolresta Cilacap Kombes Pol Fannky Ani Sugiharto, S.I.K., M.Si. dan Ketua DPRD Cilacap Taufik Nurhidayat. Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri bersama pejabat dan kepala OPD jajaran, serta anggota TNI Kodim 0703/Cilacap, Lanal Cilacap dan Polresta Cilacap serta Masyarakat sekitar.

HUT ke – 78 TNI Tahun 2023 mengangkat tema “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”. Adapun pagelaran wayang di semua titik memainkan lakon yang sama yakni Bimo Krido. “Malam hari ini kita akan merayakan acara hiburan walaupun di dalamnya ada tuntunan maupun tontonan, dan hiburan wayang ini pada malam hari ini kita laksanakan secara serentak di 78 wilayah”, ujar Panglima TNI Laksamana TNI H. Yudo Margono, S.E., M.M., C.S.F.A., yang hadir secara daring.

BACA JUGA:   Pemasangan Baner Salah Satu Penerima Bantuan RTLH

Yang menarik, pagelaran wayang kulit ini tidak hanya dilaksanakan di nusantara melainkan juga di luar negeri. Yakni Amerika Serikat, Suriname dan juga di Malaysia. “Ini kita laksanakan serentak, mudah-mudahan bisa memberikan hiburan kepada seluruh masyarakat semuanya dan juga wujud kebersamaan TNI bersama rakyat”, tambahnya.

Komandan Kodim 0703/Cilacap, Letkol Inf Andi Yuliazi, S.E., M.I.P mengungkapkan bahwa kegiatan malam ini berhasil terselenggara berkat dukungan penuh dari pemerintah daerah. “Komitmen bahwa Cilacap ini harus kita jaga, kita rawat secara bersama-sama untuk masyarakat Cilacap yang maju dan bercahaya. Terima kasih banyak atas semua dukungan dan partisipasinya selama ini, semoga kita kedepan semakin baik dalam berkolaborasi untuk membangun Cilacap,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Dalam Program TMMD Kualitas Material Tetap Di Perhatikan

Penjabat Bupati Cilacap, Yunita Dyah Suminar, juga mengapresiasi peran TNI dalam menjaga keamanan wilayah. Dia menyatakan harapannya agar TNI semakin profesional dan dicintai oleh rakyat. Secara simbolis, pagelaran wayang kulit ditandai dengan penyerahan tokoh wayang dari Penjabat Bupati Cilacap kepada Dalang Ki Guntur Riyanto dan Mongko Daryono. Masyarakat pun antusias memadati alun-alun Cilacap untuk merayakan peringatan HUT ke-78 TNI melalui pertunjukan yang spektakuler ini.

(dn/kominfo/pen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *