Cen Sui Lan Minta Kementerian PUPR Anggarkan Penataan Istana Raja Daik-Lingga

Batamclick.com, Batam – Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri), Cen Sui Lan, meminta Kementerian PUPR agar menganggarkan penataan Istana Raja di Daik-Lingga pada tahun 2023 mendatang. Ini merupakan bukti keseriusan Cen Sui Lan untuk mendorong Rencana penataan Kota Daik, Bunda Tanah Melayu Kabupaten Lingga.

Permintaan tersebut disampaikan saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI dengan Eselon I Kementerian PUPR, pekan lalu. Sebelumnya, Cen Sui Lan juga mendesak pemerintah pusat untuk penataan Pulau Penyengat pada tahun lalu.

BACA JUGA:   Rudi Buka Turnamen Futsal Instansi Piala Kepala BP Batam

” Dalam rapat dengar Komisi V DPR RI dengan Eselon I itu, kita sudah sampaikan program penataan situs budaya Istana Raja di Lingga itu,” ujar Cen Sui Lan, Selasa (5/7/2022).

Dalam pertemuan itu, Cen Sui Lan juga menceritakan bahwa di Kabupaten Lingga perlu dilakukan penataan Istana Raja mengingat istana di Daik-Lingga. Hal ini karena istana Daik-Lingga merupakan peninggalan bersejarah yang harus dijaga.

“Karena itu, program penataan istana itu tolong dimasukkan ke dalam anggaran 2023,” ungkap Cen.

Selanjutnya ia menjelaskan, di Istana Daik Lingga, banyak peninggalan bersejarah, seperti makam-makam raja dan artepak lainnya yang memerlukan penangaanan.

BACA JUGA:   Polsek Lubuk Baja Melaksanakan Kegiatan Strong Point Pagi Mengantisipasi Rawan Kemacetan Lalu Lintas dan Kejahatan Jalanan C3

“Ini harus menjadi perhatian Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” terang Cen.

Cen Sui Lain juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala BPIW Kementerian PUPR atas penataan Pulau Penyengat yang saat ini sedang dilaksanakan.

” Terimakasih kepada Kepala BPIW Kementerian PUPR,” tutur cen.