Dandim Pimpin Napak Tilas Ke Monumen Panji Siliwangi

Ciamis – Prajurit Kodim 0613/Ciamis melaksanakan Hanmars ke tempat Panji Siliwangi disembunyikan dari kejaran Belanda dan Gerombolan DI/TII pada tahun 1949 di wilayah Dusun Cirikip Desa Cisayang Panawanagan. Kegiatan ini dimulai dari Makoramil Panawangan, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (05/01/2023).

Kegiatan ini menempuh jarak lebih dari 5 kilometer dan diikuti oleh ratusan prajurit Kodim 0613/Ciamis. Saat itu, Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., turun secara langsung jalan kaki bersama para prajurit komando teritorial.

Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk merefresh kembali dasar militer yang didapat saat masuk maupun berada di satuan tempur. Selain itu juga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran setiap prajurit Kodim 0613/Ciamis.

BACA JUGA:   Cuaca yang Tidak Menentu Tak Membuat Pengerjaan Pengecoran Jalan Berhenti

“Hanmars ini bertujuan untuk mengasah kembali pemantapan kemampuan dasar bagi seluruh prajurit. Disamping para prajurit melaksanakan tugas kewilayahan dan rutinitas harian sesuai fungsi dan bidang masing-masing, pengetahuan dasar keprajuritan harus tetap dikuasai,” kata Dandim saat memberikan arahan sebelum pelaksanaan Hanmars.

Tidak hanya itu, kata Dandim 0613/Ciamis, kegiatan ini juga sekaligus napak tilas lokasi peninggalan militer yang berada di Dusun Cirikip yaitu tempat disembunyikan Panji Siliwangi dari kejaran Belanda dan Gerombolan DI/TII pada Tahun 1949. Ini sebagai bentuk prajurit menghargai dan menghormati perjuangan para pahlawan.

BACA JUGA:   Dipenghujung Tugasnya Serda Sukarji Masih Rajin Membantu Warga

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawan. Kami yang menghargai dan menghormati perjuangan. Seperti yang dilakukan Alm. Bapak Sunahwi yang berani bertarung mengorbankan nyawa untuk menyembunyikan Panji Siliwangi di Pohon Kelapa dari kejaran Belanda dan Gerombolan DI/TII. Sebagai contoh warga negara yang baik rela berbuat apa saja untuk negaranya,” ucap Dandim di Monumen Panji Siliwangi.

Pada kesempatan itu, Dandim 0613/Ciamis secara simbolis turut memberikan bantuan sosial berupa paket sembako kepada masyarakat di Dusun Cirikip. Bantuan ini sebagai bentuk kepedulian TNI kepada masyarakat khususnya di sekitar lokasi Monumen Panji Siliwangi.

BACA JUGA:   Penandatangan Prasasti, Kegiataan TMMD Reguler ke-111 Telah Usai

{pendim}