Babinsa Pesawahan Pelopori Kerja Bakti Pembuatan Jembatan

Cilacap – Ciptakan kemanunggalan dengan warga binaan, Sertu Guntar Setiawan Babinsa Pesawahan Koramil 04/Binangun Kodim 0703/Cilacap, pelopori kerja bakti pembuatan jembatan penyeberangan di kali Ontor Dusun Plikon Desa Pesawahan Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Jumat (03/11/2023).

Salah satu kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat desa adalah kerja bakti. Kegiatan ini biasanya dilakukan masyarakat secara bersama-sama dengan tujuan melakukan kegiatan salah satunya adalah  kerja bakti yang bertujuan untuk membangun infrastruktur atau membersihkan lingkungan sekitar yang dilaksanakan secara gotong royong.

Sertu Guntar Setiawan menjelaskan kali Ontor yang berfungsi sebagai saluran irigasi dan pembuangan saat debit air tinggi berpangkal dari kali Binangun berujung di kali Bodo Kecamatan Nusawungu dan posisi Kali Ontor berada di tengah melintasi sepanjang sawah Desa Pesawahan sehingga para petani harus menyeberang/melintasi kali Ontor saat ke sawah dengan jembatan yang kecil dan mulai rusak.

BACA JUGA:   Babinsa Tamansari Himbau Warga Tidak Menggelar Resepsi Ditengah PPKM Darurat

“Untuk membantu dan memudahkan akses jalan para petani, Pemerintahan Desa, gapoktan dan masyarakat sepakat untuk untuk membuat jembatan penyeberangan yang lebih lebar kuat dan permanen,” jelasnya.

Pembuatan jembatan di kali Ontor dilaksanakan secara gotong royong/kerja bakti oleh warga Desa Pesawahan dan anggaran dana secara swadaya masyarakat dan bantuan dari Pemerintahan Desa. 

(R04/pen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *