Menghadapi Era Digital, Bupati Karimun Serahkan Bantuan Operasional Penyuluh Perikanan

BATAMCLCK.COM: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun, Kepulauan Riau memberikan bantuan operasional kepada para penyuluh perikanan. Bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kinerja penyuluh perikanan diera digital saat ini.

Bantuan operasional yang diserahkan Bupati Karimun tersebut berupa Laptop, PC dan Printer. Sementara penyerahan bantuan dilakukan langsung oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq kepada perwakilan penyuluh pertanian pada Jumat (9/9) pagi di Rumah Dinas Bupati Karimun.

Penyerahan bantuan operasional ini turut dihadiri Ketua DPRD Karimun Muhammad Yusuf Sirat, Kepala Dinas Perikanan Ahmadi, dan Dandim 0317/Tbk Letkol Inf Agus Rediyanto.

BACA JUGA:   Sinopsis Ikatan Cinta 16 November 2021: Irvan Terancam! Elsa Bilang Soal Jessica ke Al dan Andin

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, bantuan tersebut bersumber dari APBD 2022 melalui kegiatan reses Ketua DPRD Karimun, Muhammad Yusuf Sirat.

“Penyuluh perikanan tidak luput dari perhatian pemerintah, pemerintah daerah hari ini menyerahkan bantuan berupa 12 unit laptop, 6 unit printer dan 6 unit PC,” katanya.

Bupati menjelaskan bahwa tujuan diserahkan bantuan tersebut untuk mendukung operasional sekaligus mendorong digitalisasi bagi penyuluh perikanan di Karimun.

Hal tersebut mengingat penyuluh perikanan juga menjalankan tugasnya secara online, salah satunya dengan aplikasi Sistem Informasi Layanan Hibah Perikanan ‘Silah_Kan’.

BACA JUGA:   Dukung Program SIPOKA, Polres Karimun Teken MoU dengan Pemkab dan Instansi Vertikal

“Tujuannya tentu untuk mendukung sistem kerja penyuluh perikanan yang saat ini sudah digital, seperti aplikasi ‘Silahkan’ yang membuat mereka bisa mengusulkan bantuan bagi kelompok nelayan secara online,” ucap Bupati.

Bupati mengatakan, pihaknya akan kembali memberikan perhatian berupa insentif bagi para penyuluh perikanan.

“Penyuluh perikanan ini bertugas di lapangan, saat Covid-19 mereka terimbas karena insentif operaSional turun. Insha allah tahun depan akan kita tinjau lagi,” katanya.

Selain itu, kata dia, Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Perikanan akan kembali mengelola dana operasional.

BACA JUGA:   Uba Tegas Minta Sekwan DPRD Kepri Diganti!

“Dana operasional untuk UPTD saat ini di Dinas Perikanan, tahun depan kita minta diserahkan langsung ke UPTD agar mereka bisa langsung melaksanakan tugasnya dengan baik dan untuk kebutuhan lainnya,” ucap Bupati. (adv/tim)